Tinggalkan AC Milan, Olivier Giroud Susul Lionel Messi ke Amerika Serikat
Striker Olivier Giroud akan meninggalkan AC Milan dan pindah ke Amerika Serikat. (X/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - Striker veteran AC Milan, Olivier Giroud, bakal meninggalkan Serie A Italia. Milan tidak memperpanjang kontraknya sehingga Giroud memutuskan pindah ke Amerika Serikat untuk bermain di MLS.

Dirinya menyusul eks kapten Barcelona, Lionel Messi, dan para pemain bintang yang pernah berkiprah di Eropa.

MLS menjadi destinasi pemain yang mendekati usia pensiun. Berbeda dengan Liga Arab Saudi yang masih diperkuat para pemain papan atas dan sesungguhnya bisa bersaing di Eropa.

Apalagi, MLS memiliki daya tarik menyusul kedatangan Messi yang bergabung Inter Miami.

Giroud yang usianya sudah 38 pun bakal menyingkir dari Eropa dan melanjutkan karier di Amerika Serikat.

Milan memang sudah tak memperpanjang kontrak Giroud. Meski demikian, saat ini eks penyerang Chelsea dan Arsenal masih menjadi salah satu andalan lini depan tim.

Ketajaman penyerang Timnas Perancis ini memang belum menunjukkan tanda-tanda mengalami penurunan.

Musim ini, dirinya sudah mencetak 14 gol dan membuat sembilan assist selama 36 pertandingan di berbagai ajang. Pada Serie A 2023/2024, Giroud sukses membobol gawang lawan 12 kali sekaligus menjadi top skor klub.

Setelah kontraknya tidak diperpanjang Milan, dirinya belum berniat pensiun. Apalagi, Giroud masih mendapat kepercayaan dari pelatih Timnas Perancis, Didier Deschamps.

Dirinya tetap mendapat panggilan dari Deschamps saat Les Bleus melakoni uji coba melawan Jerman dan Chile.

Giroud pun pindah ke AS untuk bergabung Los Angeles FC. Dirinya dikabarkan sudah mencapai kesepakatan verbal dengan salah satu klub elite MLS itu.

Menurut rencana, Giroud mendapat kontrak sampai Desember 2025. Artinya, dia tetap bermain sampai usia 39.

Giroud bergabung kompatriotnya, kiper Hugo Lloris, di LA FC. Mereka pernah bersama memenangi Piala Dunia 2018. Lloris yang berusia 37 menjadi pemain tertua ketujuh di MLS.

Mereka akan bersaing dengan Inter Miami yang tidak hanya mengandalkan Messi, tetapi juga eks Barca lain, seperti Luis Suarez, Jordi Alba, dan Sergio Busquets.

Selain itu, ada Martin Caceres yang bermain di Angeles Galaxy. Sementara masih ada pemain lain, di antaranya Maya Yoshida, Teemu Pukki, Christian Benteke, Lorenzo Insigne, Ashley Westwood, dan Asier Illarramendi yang bermain di MLS.