Rekor Gol Tujuh Detik, Jerman Kalahkan Perancis
Duo Jerman Florian Wirtz dan Kai Havertz yang membobol gawang Perancis di pertandingan uji coba (X@/DFB_Team)

Bagikan:

JAKARTA - Laga uji coba di Stadion Groupama, Minggu, 24 Maret 2024 dini hari WIB diwarnai gol cepat yang dicetak Florian Wirtz. Laga baru berjalan tujuh detik, Wirtz membobol gawang Perancis sekaligus membawa Jerman menang 2-0.

Wirtz benar-benar mengejutkan Perancis. Pemain depan Bayer Leverkusen ini langsung bergerak ke depan saat peluit pertandngan dibunyikan.

Dirinya menerima assist dari gelandang veteran Toni Kroos yang kembali ke timnas setelah menyatakan pensiun tiga tahun lampau.

Bola dari Kroos kemudian dikontrolnya dan lewat sentuhan satu dua, dia kemudian melepaskan tendangan yang menaklukkan kiper Brice Samba.

Gol cepat itu memecahkan rekor striker Lukas Podolski saat melawan Ekuador pada 2013. Wirtz mencetak gol lebih cepat sepersekian detik dari Podolski yang membobol gawang lawan di detik ketujuh. Ini juga menjadi gol pertama bagi pemain berusia 20 ini di pertandingan timnas.

Namun gol itu belum bisa mengalahkan rekor gol Christoph Baumgartner. Pemain Austria ini mencetak gol saat laga melawan Slovakia baru berjalan enam detik, Minggu dini hari WIB.

Setelah kebobolan lewat gol cepat, Perancis memberi respons bagus dengan langsung bangkit. Tim asuhan Didier Deschamps ini mengambil inisiatif menyerang dan mampu menguasa permainan. Namun tekanan dari Les Bleus tak pernah memberi hasil positif.

Striker Inter Milan Marcus Thuram sempat mengancam gawang Jerman yang dikawal Marc-Andre ter Stegen. Selanjutnya Kylian Mbappe mendapat peluang bagus di menit 26. Namun upayanya secara gemilang bisa digagalkan oleh Ter Stegen.

Bintang Paris Saint-Germain ini kembali mendapat peluang saat menyambut bola silang. Namun sepakannya masih melebar. Sebelumnya, ancaman datang dari Aurelien Tchouameni.

Hanya saja tendangan pemain Real Madrid yang menyambut bola silang dari Ousmane Dembele ini masih melambung.

Memasuki babak kedua dengan keunggulan 1-0 menjadikan Jerman lebih percaya diri. Tim asuhan Julian Nagelsmann mengawali babak itu dengan permainan terbuka.

Hasilnya Die Mannschaft menunjukkan permainan mereka lebih efektif dan efisien ketimbang tuan rumah. Gol cepat kembali tercipta.

Kali ini gol dihasilkan Kai Havertz yang tetap bermain cemerlang di timnas meski performa dia bersama Arsenal lebih sering naik turun. Go Havertz tercipta saat laga baru berjalan lima menit.

Wirtz pun turut berperan dalam proses gol itu, Berawal dari umpan silang dia kepada Jamal Musiala.

Selanjutnya, pemain Bayern Munchen ini memberikan bola kepada Havertz yang menuntaskannya ke gawang Perancis.

Ini menjadi gol ke-15 dari Havertz untuk timnas. Skor pun berubah 2-0 untuk Jerman.

Keunggulan dua gal menjadikan Jerman bermain lebih agresif. Bek Maximilian Mittelstadt nyaris menambah gol bila sepakannya tidak ditepis Samba.

Kiper yang menggantikan Mike Maignan juga menunjukkan penampilan mengesankan saat menggagalkan peluang dari Thomas Muller.

Selanjutnya, Perancis mendapat peluang mengejar defisit gol melalui striker veteran Olivier Giroud. Hanya dua peluang dari penyerang AC Milan ini gagal dikonversi menjadi gol.

Jerman sesungguhnya nyaris kebobolan di menit-menit terakhir saat Mittelstadt hampir saja membuat gol bunuh diri.

Beruntung ada rekannya Antonio Rudiger yang berhasil membuang bola meski sempat membentur tiang gawang. Skor 2-0 untuk Jerman bertahan sampai akhir laga.

Pada uji coba berikutnya, Jerman menjamu Belanda, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB. Sedangkan Perancis berhadapan dengan Cile.