Bagikan:

JAKARTA - Gregoria Mariska Tunjung berhasil mengunci tiket final Swiss Open 2024 setelah menumbangkan tunggal putri Jepang, Nozomi Okuhara.

Dia mengalahkan Nozomi dengan dua gim langsung, 21-15 dan 21-17, saat berlaga di St. Jakobshalle pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Pertarungan ketat terjadi di gim pertama. Gregoria tak dibiarkan unggul jauh. Bahkan, terjadi kedudukan sama kuat sebanyak delapan kali sebelum interval.

Gregoria mulai menjauh selepas kedudukan 14-14. Dia meninggalkan Nozomi dan menyetop perolehan poin sang lawan di angka 15 sebelum mengambil gim pertama.

Pada gim kedua, Gregoria tampil lebih percaya diri. Meski ketat hingga skor 6-6, dia bisa menjaga keunggulan setelah itu sampai interval dengan kedudukan 11-9.

Selepas istirahat, Gregoria mulai menjauh dengan tambahan empat poin sehingga skor menjadi 15-10.

Nozomi memang sempat mendekat 13-15, tapi Gregoria tampil tenang dan tak panik.

Satu-satunya tunggal putri Indonesia di Swiss Open 2024 itu akhirnya sukses mengamankan keunggulan hingga mengambil gim kedua.

Kemenangan itu membawa Gregoria Mariska Tunjung menyusul Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Lanny Tri Mayasari/Ribka Sugiarto ke final Swiss Open 2024.

Gregoria akan melawan pemenang antara unggulan pertama Carolina Marin (Spanyol) vs Tomoka Miyazaki (Jepang) di partai puncak.

Artinya, ada tiga wakil Indonesia yang melaju ke final Swiss Open 2024.

Sementara itu, tiga wakil Merah-Putih lainnya gugur di semifinal. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus mengakui keunggulan kompatriotnya, Bagas/Fikri.

Begitu juga dengan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menyerah di tangan Lanny/Ribka.

Terakhir, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani takluk di tangan ganda Inggris, Ben Lane/Sean Vendy.