Tanpa Ronaldo, Portugal Habisi Swedia di Laga Uji Coba
Portugal menang besar atas Swedia di laga uji coba. (fpf.pt)

Bagikan:

JAKARTA - Portugal yang tidak menurunkan kapten Cristiano Ronaldo menghabisi Swedia 5-2 di pertandingan uji coba di Stadion Dom Afonso Henriques, Jumat, 27 Maret 2024 dini hari WIB.

Portugal tidak hanya tampil tanpa Ronaldo di laga uji coba itu. Pemain sayap Barcelona Joao Felix juga absen. Pelatih Roberto Martinez mengandalkan winger Manchester City Bernardo Silva dan Rafael Leao dari AC Milan yang menopang striker Goncalo Ramos

Meski tidak diperkuat Ronaldo dan Feix, namun Portugal masih terlalu kuat bag Swedia. Di laga itu, Swedia mengandalkan Anthony Elanga, eks striker Manchester United yang kini bermain di Nottingham Forest. Di tengah ada gelandang Tottenham Hotspur Dejan Kulusevski.

Sedangkan di barisan belakang, bek MU Victor Lindelof harus bekerja keras menghadapi serangan bergelombang Portugal. Hanya, dirinya tak kuasa membendung permainan ofensif Selecao.

Tuan rumah berhasil unggul saat Rafael Leao membuka pesta gol di menit 24. Berawal dari serangan Portugal yang kemudian dituntaskan Bernardo Silva.

Hanya sepakan dia masih membentur tiang gawang. Bola rebound pun disambar Leao yang menaklukkan kiper Robin Olsen.

Unggul 1-0 menjadikan Portugal kian agresif menekan pertahanan Swedia. Hasilnya, Matheus Nunes menggandakan keunggulan tuan rumah di menit 33.

Portugal kian tak terbendung. Menjelang akhir babak pertama, kapten MU Bruno Fernandes memantapkan keunggulan menjadi 3-0.

Menerima umpan dari Nelson Semedo, dirinya tak kesulitan membobol gawang Swedia. Skor 3-0 untuk Portugal dan bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, pasukan Roberto Martinez tak menurunkan tempo permainan. Di menit 57, Bruma berhasil menambah gol bagi Portugal. Dirinya menyambut assist dari Fernandes.

Swedia akhirnya memecah kebuntuan hanya satu menit berselang. Gol yang memperkecil ketinggalan Swedia diciptakan Viktor Gyoekeres setelah menyelesaikan umpan dari Emil Holm.

Hanya saja, Portugal tetap melaju kencang. Mereka mampu memaksimalkan pertahanan Swedia yang rapuh. Terbukti, tuan rumah kembali mencetak gol melalui striker Goncalo Ramos di menit 61.

Selanjutnya, Swedia menambah satu gol lagi untuk memperkecil kekalahan. Gol dihasilkan Gustaf Nilsson yang menyambut assist Kulusevski di menit 90. Skor berubah menjadi 5-2 untuk Portugal dan bertahan sampai akhir laga.