Bagikan:

JAKARTA - Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh menanggapi cibiran yang mencuat jelang laga kontra Vietnam. Menurutnya, cemoohan dilakukan penggawa lawan itu karena Vietnam iri melihat komposisi Skuad Garuda saat ini.

Pemain Vietnam, Do Duy Manh, jadi perbincangan karena pernyataannya yang kontroversial. Cibiran dilontarkan Do Duy Manh karena Timnas Indonesia justru dihuni banyak pemain berdarah Belanda.

Pernyataan itu kemudian viral. Sandy Walsh yang jadi salah satu pemain pilihan Shin Tae-yong akhirnya buka suara.

Saat konferensi pers, Walsh ditanya soal viralnya pernyataan pemain Vietnam. Dengan tegas, Walsh menyebut bahwa semua pemain di tim adalah warga negara Indonesia yang akan tampil membela negaranya.

"Kami semua orang Indonesia. Tentu saja akan ada kritikan. Kami semua orang Indonesia," jawab Sandy Walsh tegas di hadapan media dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, pada Rabu, 20 Maret 2024.

"Kami ini semua satu tim. Kami mewakili negara ini. Kami, teman-teman setim saya, kami berjuang bersama untuk Indonesia," ujarnya.

Sandy Walsh lebih lanjut tak segan memberikan sindiran menohok. Dia menyebut pemain Vietnam hanya iri dengan situasi Timnas Indonesia yang dihuni banyak pemain keturunan yang merumput di Eropa.

"Mungkin mereka iri karena banyak pemain kami yang bermain di Eropa."

"Namun, sebenarnya kami punya darah Indonesia. Kami pun merasa beruntung karena punya banyak pemain berkualitas yang berkompetisi di Eropa. Jadi, kami akan menunjukannya besok," tutur Sandy Walsh.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 21 Maret 2024, malam WIB. Pertemuan ini merupakan agenda putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Setelah menjadi tuan rumah, Skuad Garuda akan melawat ke markas Vietnam, Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa 26 Maret 2024.