Shayne Pattynama dan Asnawi Mangkualam Kemungkinan Absen Bela Timnas Indonesia
Shayne Pattynama kemungkinan absen bela Timnas Indonesia vs Vietnam (Instagram/@s.pattynama).

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa Shayne Pattynama dan Asnawi Mangkualam bakal absen membela Timnas Indonesia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pernyataan Ketum PSSI itu berdasarkan hasil pertemuan dengan pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada Rabu, 13 Maret 2024. Pertemuan tersebut membahas persiapan Skuad Garuda menjelang lawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Erick Thohir menyampaikan bahwa dalam persiapan menghadapi Vietnam, ada beberapa pemain yang bakal absen karena sejumlah alasan. Mereka ialah Shayne Pattynama dan Asnawi Mangkualam.

"Coach Shin Tae-yong memaparkan kalau ada beberapa pemain yang belum bisa bermain karena cedera dan lain-lain, seperti Shayne Pattynama," ujar Erick Thohir ditemui di Jakarta Pusat pada Kamis, 14 Maret 2024.

"Lalu, Asnawi Mangkualam masih akumulasi kartu," tuturnya.

Absennya dua nama itu, Erick Thohir mengatakan bahwa perlu adanya strategi untuk mengatasi kekurangan pemain. Salah satunya rencana membuat skuad Timnas Indonesia menjadi lebih kuat dengan kualitas pemain setara.

"Jadi, itu yang saya bilang, di level Timnas Indonesia senior pun kita harus punya 24 pemain yang standarnya sama. Kalau ada pemain yang terkena kartu atau cedera, kita bisa punya pemain pengganti yang kualitasnya sama," kata Erick.

"Lalu, jangan ada dikotomi, mana yang diaspora, mana yang lahir di sini, sudahlah. Perdebatan itu sudah lewat. Siapa yang membawa Merah-Putih, siapa yang mau jadi yang terbaik, itu yang kita dorong," ujarnya.

Sebagai persiapan melawan Vietnam ini, Shin Tae-yong telah memanggil total 28 pemain. Pada pemanggilan ini, Muhammad Adisatryo (PSIS Semarang) kembali mendapat tempat di Timnas Indonesia.

Selain itu, ada nama-nama seperti Witan Sulaeman (Bhayangkara FC), Rizky Ridho (Persija), Egy Maulana (Dewa United), Yakob Sayuri (PSM), dan lain-lain.

Kemudian, ada juga sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri semisal Asnawi Mangkualam (Port FC), Pratama Arhan (Suwon FC), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim FC), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Elkan Baggott (Bristol Rovers).