Mohamed Salah Jadi Kabar Buruk Manchester United Saat Ladeni Liverpool
Mohamed Salah kembali menjadi andalan Liverpool saat menghadapi Manchester United di Piala FA. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain depan Liverpool Mohamed Salah telah kembali. Dirinya jelas menjadi kabar buruk Manchester United yang akan menghadapi Liverpool setelah menunjukan performa gemilang di pertandingan Liga Europa.

Salah tidak seperti baru pulih dari cedera. Kapten tim nasional Mesir ini tampak fit saat menjadi salah satu pemain senior yang diturunkan melawan Sparta Praha di laga kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Anfield, Jumat, 15 Maret 2024 dini hari WIB.

Di laga itu, manajer Jurgen Klopp menurunkan para pemain muda karena Liverpool sudah unggul 5-1 pada duel pertama di kandang Sparta. Bila Salah tetap dimainkan karena dirinya baru pulih dari cedera hamstring.

Ini menjadi penampilan pertama Salah sejak mengalami cedera di pertandingan Piala Afrika 2023. Selama bermain 90 menit, dia tidak hanya mencetak gol tetapi juga membuat assist yang mengantarkan Liverpool menang telak 6-1 atas Sparta. Liverpool pun unggul agregat 11-2 dan merebut tiket ke perempat final.

Salah pun mencetak sejarah sebagai pemain pertama dalam sejarah Liverpool yang mencetak lebih dari 20 gol di berbagai kompetisi selama tujuh musim berturut-turut.

Ini berarti sejak bergabung dengan The Reds pada 2017, dirinya sudah mampu membobol gawang lawan sampai lebih dari 20 kali.

"Selama tujuh tahun bersama dia, kami tak pernah menghadapi masalah konsistensi. Mo tak pernah berhenti mengumpan dan mengumpan. Gairah dan semangat dia tak pernah mati. Kualitas dan semangat dia untuk mencetak gol tak pernah padam," kata Klopp.

"Dia terus berkembang dari berbagai aspek sejak dirinya melakukan debut di sini. Ini yang menjadikan dia tak bisa dihentikan," ucap dia lagi.

"Saya agak terkejut karena dia bisa cedera. Tetapi akhirnya dia telah kembali," ujar pria asal Jerman yang akan mengundurkan diri sebagai manajer Liverpool di akhir musim ini.

Bagi Liverpool, kembalinya Salah jelas kabar bagus, Sebaliknya, ini menjadi kabar buruk bagi MU yang menjamu rivalnya dalam The North West Derby di perempat final Piala FA, akhir pekan ini.

MU sangat berharap memenangi Piala FA. Ini menjadi satu-satunya harapan The Red Devils setelah gagal di semua kompetisi, termasuk mempertahankan gelar juara Carabao Cup. Trofi itu pula yang tahun ini dimenangkan Liverpool.

Mantan striker timnas Inggris yang kini menjadi pundit sepak bola Chris Sutton memprediksi Liverpool yang bakal memenangkan laga besar itu.

Menurut dia MU memang terlihat percaya diri setelah menahan Liverpool 0-0 di Anfield. Namun MU sama sekali tak bisa berbuat banyak karena laga itu sepenuhnya dikuasai The Kop.

Di sisi lain, Liverpool menunjukkan konsistensi. Mereka memenangkan empat pertandingan terakhir yang dilakoni sebelum ditahan Manchester City 1-1 di Anfield.

"Liverpool kembali diperkuat pemain kunci, yaitu Salah. Performa mereka juga sangat bagus dan Liverpool seharusnya memenangkan laga melawan Man City. Saya tak ragu bila mereka [Liverpool] yang akan menang," ucap Sutton.

MU sendiri kembali diperkuat striker Rasmus Hojlund. Tanpa Hojlund, MU menelan dua kekalahan dari lima laga terakhir. "Kembalinya Hojlund menjadi kabar bagus bagi United," kata Sutton.