Freiburg Jadi Tumbal West Ham untuk Raih Tiket ke Perempat Final
Aksi unik pemain West Ham United Mohammed Kudus saat merayakan gol di pertandingan Liga Europa melawan Freiburg. (X/@EuropaLeague)

Bagikan:

JAKARTA - West Ham United menjadikan Freiburg sebagai tumbal untuk mendapatkan tiket ke perempat final Liga Europa. Dalam duel kedua babak 16 besar di Stadion London, Jumat, 15 Maret 2024 dini hari WIB, West Ham menghancurkan Freiburg 5-0.

Kemenangan besar yang langsung mengantarkan West Ham ke perempat final. Pasalnya, klub London itu unggul agregat 5-1.

Pada laga pertama di kandang Freiburg, The Hammers kalah 1-0. Ini menjadikan West Ham harus bekerja keras meladeni wakil dari Bundesliga Jerman ini.

Hasilnya, gol cepat Lucas Paqueta menjadi titik awal penampilan gemilang West Ham. Selanjutnya, Mohammed Kudus memborong dua gol yang menenggelamkan Freiburg.

Dalam duel itu, manajer David Moyes sudah menyiapkan tim asuhannya untuk bermain ofensif. Mereka langsung menggebrak pertahanan Freiburg.

Usaha tuan rumah memberi hasil positif. Pertandingan baru berjalan sembilan menit, gelandang Lucas Paqueta membuka pesta kemenangan West Ham.

Gol berawal dari sepak pojok Aaron Cresswell yang disambut Tomas Soucek. Bola kemudian mengarah kepada Paqueta yang langsung melepaskan tendangan ke sudut atas gawang.

Unggul 1-0, pemain West Ham kian bersemangat. Tak lama berselang atau tepatnya di menit 33, mereka berhasil memperbesar keunggulan.

Kali ini, pemain sayap Jarrod Bowen yang menaklukkan kiper Noah Atubolu. Skor 2-0 untuk West Ham dan bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, West Ham tak menurunkan tempo permainan. Hasilnya, juara Europa Conference League 2023 ini memperbesar keunggulan saat Cresswell mencetak gol di menit 52.

Selanjutnya, tuan rumah sudah sulit dikejar Freiburg. Apalagi tidak ada serangan membahayakan dari tim tamu sehingga mereka kesulitan mengejar defisit gol.

West Ham justru menambah gol melalui Kudus. Pemain sayap tim nasional Ghana ini langsung mencetak brace yang melengkapi kemenangan tim.

Gol pertama Kudus tercipta di menit 77. Dirinya sempat memperlihatkan aksi brilian sebelum menggetarkan jala Freiburg.

Sedangkan gol berikutnya dihasilkan menit 85. Tendangan keras pemain berusia 23 yang menyambut assist dari Bowen ini menembus gawang Freiburg.

Skor berubah menjadi 5-0 untuk West Ham dan bertahan sampai akhir laga.