Kai Havertz Beberkan Ruang Ganti Arsenal Usai Kebobolan Akibat Blunder Ramsdale
Gelandang Arsenal Kai Havertz (kiri) merayakan gol di laga melawan Brentford. (X/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal nyaris kehilangan poin gara-gara blunder kiper Aaron Ramsdale saat melawan Brentford di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Emirates, Minggu, 10 Maret 2024 dini hari WIB. Gelandang Kai Havertz membeberkan suasana ruang ganti saat jeda laga dengan skor 1-1.

Arsenal mengawali laga dengan hasil bagus dan unggul lebih dulu lewat gol Declan Rice. Namun keunggulan itu tak bisa dipertahankan.

Gara-garanya Ramsdale melakukan blunder saat babak pertama hampir berakhir. Ramsdale yang menggantikan David Raya yang tidak bisa tampil karena berstatus pemain Brentford yang dipinjam Arsenal.

Pada injury time babak pertama, Ramsdale menerima back pass dari bek Gabriel. Dia sempat menggocek bola sebelum membuangnya.

Hanya, kiper tim nasional Inggris ini tak melihat Yoane Wissa, pemain Brentford, yang berada di belakangnya. Saat menendang bola, Wissa yang muncul dari belakang berhasil membloknya. Bola pun meluncur ke gawang Arsenal.

Beruntung, tim asuhan Mikel Arteta tak terpengaruh dengan kesalahan Ramsdale yang berujung gol itu. Mereka tetap fokus di babak kedua.

Meski sempat frustrasi, namun Kai Havertz akhirnya bisa memecah kebuntuan dan mencetak gol di menit 86. Arsenal menutup laga dengan kemenangan 2-1.

"Ini kemenangan besar bagi kami. Kami sangat berharap bisa meraih tiga poin karena itu sangat berarti bagi kami. Anda bisa menyaksikan bagaimana usaha kami di babak kedua," ucap Havertz.

Pemain timnas Jerman itu juga membeberkan bagaimana reaksi rekan tim atas blunder Ramsdale. Menurut dia meski kecewa, tetapi tidak ada yang menyalahkan kiper.

Mereka hanya berusaha tetap fokus bagaimana mencetak gol di babak kedua demi memenangkan pertandingan.

"Tentu mengecewakan karena kami kebobolan saat peluit akhir segera dibunyikan. Tetapi kami kemudian saling mendukung dan menguatkan satu sama lain," katanya.

"Pasalnya kami tak layak kebobolan. Tetapi melakukan kesalahan adalah bagian dari sebuah permainan," ujar dia lagi.

"Saya sendiri pernah melakukan kesalahan yang berujung gol. Jadi, kami harus bangkit dan saling mendukung. Ini menunjukkan kami punya mentalitas yang bagus," kata Havertz yang mencetak empat gol dari lima laga terakhir Arsenal.

Menurut dia kini Arsenal menunggu pertandingan di Anfield saat Liverpool menjamu Manchester City, Minggu malam WIB. Hanya, dia mengaku tak bisa mengubah pertandingan tim lain.

"Kami tetap fokus pada pertandingan kami sendiri karena kami tak bisa mengubah apa yang dilakukan tim lain. Jadi kami fokus saja pada pertandingan berikutnya ," ujar Havertz.

Kemenangan atas Brentford menjadikan Arsenal naik ke posisi puncak dengan mengantungi poin 64. Unggul satu poin dari Liverpool yang turun ke posisi dua. Sedangkan Man City memiliki poin 62.

Arsenal bakal tetap bertengger di puncak bila Liverpool bermain imbang melawan Man City. Pasalnya, The Gunners memiliki selisih gol lebih baik dibandingkan Liverpool.

Sebaliknya bila ada yang memenangkan big match itu, tim pemenang yang menduduki posisi puncak. Sedangkan Arsenal turun ke peringkat dua.

Bagi Brentford, kekalahan melawan Arsenal membuat mereka masih berkutat di papan bawah. Brentford menduduki peringkat 16 dan hanya unggul lima poin dari tim yang berada di zona degradasi.