MU Menang Lewat Penalti Lawan Everton, Ini yang Dikatakan Erik ten Hag
Manchester United menang 2-0 atas Everton lewat dua penalti Bruno Fernandes dan Marcus Rashford. (X/@ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester harus bersusah-payah meraih kemenangan 2-0 atas Everton di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu, 9 Maret 2024 malam WIB.

MU memutus tren buruk kekalahan saat menaklukkan Everton. Setelah menelan kekalahan memalukan saat melawan Fulham (2-1) dan menyerah 3-1 saat menghadapi Manchester Cty di Manchester Derby, tim asuhan Erik ten Hag akhirnya bangkit.

Kemenangan atas Everton melalui dua gol dari titik penalti Bruno Fernandes dan Marcus Rashford setidaknya membuka harapan MU bersaing memperebutkan tiket ke Liga Champions.

MU yang sudah melakoni 28 pertandingan tetap menduduki peringkat enam dengan 47 poin. Mereka masih terpaut delapan poin dengan Aston Villa yang berada di posisi empat. Selain itu masih ada Tottenam Hotspur yang memiliki poin 50.

Meski tak mudah, namun Ten Hag optimistis MU masih berpeluang masuk zona Liga Champions.

Dirinya tak mempersoalkan tim lawan lebih menguasai permainan karena tim asuhannya tetap memenangkan pertandingan. Termasuk dua gol MU dari titik penalti karena pelanggaran terhadap Alejandro Garnacho.

Penalti pertama diberikan pada menit 12. Garnacho dijatuhkan bek James Tarkowski sehingga wasit menunjuk titik putih. Eksekusi dituntaskan dengan baik oleh Fernandes.

Selanjutnya, MU kembali mendapat hadiah penalti di menit 36. Lagi-lagi, Garnacho yang memang bermain apik di pertandingan itu dijatuhkan Ben Godfrey.

Kali ini Rashford yang melakukan eksekusi dengan mengecoh kiper Jordan Pickford untuk mengubah skor menjadi 2-0.

"Kami mendapat dua penalti. Saya katakan kepada Marcus apakah dia ingin melakukannya. Dan dia menjawab dia sangat percaya diri [mengeksekusi penalti]. Setelah saya melakukannya, saya memang ingin Rashy mencetak gol dari penalti," ucap Fernandes.

Fernandes pun menjadi pencetak gol terbanyak dari titik penalti di MU. Dirinya sukses mengonversi 29 tendangan penalti menjadi gol.

Dia mengungguli legenda lini depan The Red Devils Ruud van Nistelrooy yang tercatat 28 kali mencetak gol dari titik putih.

Ten Hag merasa puas dengan kemenangan tim meski lewat titik penalti. "Kami harus memenangkan setiap pertandingan. Ini sudah menjadi target mutlak," kata Ten Hag.

"Kami seharusnya mencetak tiga atau empat gol dan tidak hanya dua penalti Kami seharusnya lebih tenang dan menguasai bola," ujar dia lagi saat menyinggung penalti timnya.

Bagi Everton, kekalahan di Old Trafford menjadikan mereka belum bisa menjauh dari zona degradasi.

Everton yang tercatat belum pernah menang selama 11 pertandingan secara berturut-turut masih tertahan di peringkat 16 dengan poin 25. Mereka hanya unggul lima poin dari yang berada di zona degradasi.

"Ini laga yang membuat kami frustrasi. Anda bisa bayangkan kami bermain bagus dan menciptakan banyak peluang. Tetapi hal mencetak gol memang sangat penting," ucap manajer Sean Dyche.