Ajax Buka Peluang Bawa Kembali Erik ten Hag dari Manchester United
Manajer Manchester United Erik ten Hag. (X/@ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Ajax Amsterdam mempertimbangkan membawa kembali eks pelatihnya, Erik ten Hag yang kini menangani Manchester United. Ajax menjadi yang pertama membidik Ten Hag bila tak dipertahankan MU.

Ajax masih memantau Ten Hag yang kemungkinan besar tidak dipertahankan MU. Pemilik saham minoritas MU Sir Jim Ratcliffe, kurang terkesan dengan pencapaian Ten Hag.

Kinerja pelatih berusia 54 ini memang kurang memuaskan selama mengarsiteki The Red Devils. Bahkan tim masih belum mampu berkompetisi dengan Manchester City, Liverpool dan Arsenal.

Tim-tim yang sesungguhya berada di bawah MU saat masih ditangani sang legenda, Sir Alex Ferguson.

Situasi Ten Hag yang saat ini tak lagi nyaman di MU tengah dipantau Ajax. Menurut The Independent, klub elite Eredivisie Belanda ini tengah mencari pelatih baru di akhir musim ini.

Pasalnya, pelatih Johnny van 't Schip sendiri hanya berstatus sementara saja. Ajax masih berharap mendapatkan pelatih yang mampu membawa tim kembali bersaing di Eredivisie.

Ten Hag memang sukses mengarsiteki Ajax selama lima tahun. Sejak 2017 hingga 2022, dirinya membawa de Godenzonen memenangi Liga Belanda tiga kali, Piala Belanda atau KNVB Cup dua kali dan sekali Johan Cruyff Shield, pertandingan yang mempertemukan juara liga dan KNVB Cup.

Di tangan Ten Hag, Ajax memunculkan deretan bintang muda seperti Matthijs de Ligt, Frenkie De Jong hingga Donny van Beek. Sedangkan dari luar Belanda di antaranya, bek timnas Argentina Lisandro Martinez dan bintang muda Brasil Antony.

Pencapaian mengesankan Ten Hag menjadikan MU tergiur merekrutnya. Kinerja dia memang cukup memuaskan di tahun pertamanya.

Ten Hag membawa MU ke peringkat tiga sehingga kembali berkompetisi di Liga Champions. MU juga berhasil memenangi Carabao Cup.

Hanya saja, MU gagal menghentikan Man City meraih treble musim 2023. Di laga final Piala FA, MU kalah 2-1 lawan Man City.

Saat memasuki tahun kedua, MU diprediksi menyaingi Man City dan Liverpool di Premier League Inggris. Kenyataannya Ten Hag malah gagal total.

Di Liga Champions, MU menduduki dasar klasemen sehingga gagal mendapat tiket ke Liga Europa. MU juga tak mampu mempertahankan gelar juara di Carabao Cup dan mereka gagal di liga.

Satu-satunya harapan adalah Piala FA. Namun di ajang itu, MU sudah harus bertemu Liverpool di perempat final.

Ajax sendiri mengalami keterpurukan dan tak lagi memenangi liga sejak ditinggalkan Ten Hag dua tahun lalu. Ini yang menjadikan Ajax memantau Ten Hag dan berharap bisa membawanya kembali bila dilepas MU.