Mulai Musim Depan, Manchester United Dilatih Erik ten Hag
Erik ten Hag (Instagram @manchesterunited)

Bagikan:

JAKARTA – Manchester United resmi menunjuk Erik ten Hag sebagai pelatih baru mereka. Juru taktik 52 tahun itu menduduki jabatan barunya di Old Trafford mulai musim depan.

Ten Hag didatangkan untuk mengambil alih jabatan yang saat ini dipegang oleh pelatih interm Ralf Rangnick. Ten Hag disodorkan kontrak selama tiga tahun dengan opsi perpanjang satu tahun.

"Merupakan kehormatan besar ditunjuk sebagai manajer Manchester United dan saya sangat senang dengan tantangan di depan," kata ten Hag dilansir dari BBC Sport.

"Saya tahu sejarah klub besar ini dan gairah para penggemar, dan saya benar-benar bertekad untuk mengembangkan tim yang mampu memberikan kesuksesan yang layak mereka dapatkan," ia menambahkan.

Ten Hag akan menjadi manajer permanen kelima Manchester United sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013.

Direktur Sepak Bola MU John Murtough mengatakan bahwa penunjukan ten Hag merupakan keputusan yang tepat. Sang pelatih dinilai telah membuktikan diri bersama klub saat ini Ajax Amsterdam.

"Selama empat tahun terakhir di Ajax, Erik telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling menarik dan sukses di Eropa, terkenal dengan sepak bola menyerang yang atraktif, dan komitmen timnya terhadap para pemain muda," katanya.

Ten Hag mengambil alih kursi pelatih Ajax sejak Desember 2017. Selama menjabat ia membawa mereka mencapai semi final Liga Champions 2018/2019 dan nyaris ke final andai Tottenham Hotspur tidak menang lewat gol penentu Lucas Moura.

Saat ini Manchester United berada di urutan keenam di klasemen liga dengan lima pertandingan yang tersisa musim ini. Mereka terpaut tiga poin di belakang Tottenham Hotspur yang menempati tempat terakhir di empat besar.