Bologna Geser Atalanta dan ke Zona Liga Champions Usai Kalahkan Verona
Gelandang Bologna Remo Freuler saat membobol gawang Verona di pertandingan Serie A Italia (X/@SerieA)

Bagikan:

JAKARTA - Bologna merebut posisi empat dan masuk zona Liga Champions dengan menggeser Atalanta setelah mengalahkan Verona 2-0 di pertandingan Serie A Italia di Stadion Renato Dell'Ara, Sabtu, 24 Februari 2024 dini hari WIB.

Persaingan memperebutkan satu tiket ke Liga Champions kian sengit. Tidak hanya Atalanta, tetapi juga Bologna dan AS Roma yang memburu kesempatan berlaga di kompetisi kasta tertinggi Eropa.

Perebutan tiket terakhir memang lebih ketat ketimbang penentuan Scudetto yang sepertinya sudah memasuki babak akhir. Inter Milan yang memimpin klasemen diprediksi bakal meraih titel liga setelah mengantungi poin 63.

Mereka unggul sembilan poin dengan Juventus yang menduduki peringkat dua. Inter juga masih menyimpan satu pertandingan tunda sehingga memungkinkan untuk makin menjauh dari Juve

Sementara, dalam perebutan posisi empat di liga, Bologna bersaing ketat dengan Atalanta. Bologna menunjukkan konsistensi dengan meraih lima kemenangan secara berturut-turut, termasuk saat menaklukkan Verona.

Kemenangan itu menjadikan I Rossoblu merebut posisi empat yang sebelumnya dikuasai Atalanta. Kini, Bologna mengantungi poin 48 dan unggul tiga poin dengan Atalanta.

Hanya saja, Bologna sudah menyelesaikan 26 pertandingan liga. Sedangkan Atalanta yang turun ke posisi lima baru melakoni 24 pertandingan. Peluang La Dea untuk kembali ke zona Liga Champions pun tetap terbuka.

Selain itu, Roma tetap harus diperhitungkan. Dengan menempati peringkat enam, Roma memiliki poin 41. Namun Giallorossi menunjukkan konsistensi sejak ditangani Daniele De Rossi sehingga bisa menjadi ancaman Bologna dan Atalanta.

Sementara, Verona terancam turun kasta setelah menduduki peringkat 18 dengan poin 20. Kekalahan lawan Bologna menjadikan mereka gagal memperbaiki posisi sekaligus keluar dari zona degradasi. Perolehan poin Verona sesungguhnya sama dengan Sassuolo, namun mereka kalah selisih gol.

Di pertandingan itu, Bologna langsung bermain ofensif. Hanya saja saat laga baru berjalan 11 menit, wasit Rosario Abisso mengalami insiden yang membuat dirinya tidak bisa melanjutkan tugas.

Abisso sempat menjalani perawatan di pinggir lapangan sampai akhirnya diputuskan digantikan wasit keempat, Giacomo Camione.

Saat pertandingan dilanjutkan, Verona sempat menekan tuan rumah. Tercatat gelandang Ondrej Duda mengancam gawang Bologna lewat tendangan bebas yang kemudian diselamatkan kiper Lukasz Skorupski.

Bologna secara perlahan keluar dari tekanan. Mereka mulai berbalik menekan pertahanan Verona.

Setelah beberapa kali gagal, Bologna akhirnya membobol gawan lawan lewat sepakan jarak dekat Giovanni Fabbian di menit 27. Dirinya menyambut umpan dari Riccardo Orsolin.

Wasit Camione sempat meninjau gol itu lewat VAR. Hasilnya tidak ada pelanggaran yang dilakukan pemain Bologna dan gol Fabbian tetap sah. Bologna unggul 1-0 dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Bologna tak menurunkan tempo permainan. Dengan ball possession mencapai 60%, mereka cukup menguasai permainan. Hanya saja, serangan tim asuhan Thiago Motta masih gagal.

Meski demikan, kesabaran pemain Bologna akhirnya membuahkan hasil. Gelandang Remo Freuler yang kembali bermain setelah absen di laga sebelumnya sukses memperbesar keunggulan Bologna di menit 65.

Gl berawal dari aksi Freuler yang mendapat umpan silang Fabbian. Dirinya kemudian melepaskan tendangan voli yang membobol gawang Verona.

Skor berubah menjadi 2-0 untuk Bologna. Hanya setelah gol itu tidak ada lagi serangan membahayakan dari Bologna.

Demikian pula Verona tak pernah mendapat peluang bagus untuk mencetak gol. Skor dua gol untuk keunggulan Bologna bertahan sampai akhir laga.