Klasemen Akhir Serie A Musim 2022/2023: AC Milan ke Liga Champions, Sampdoria dan Cremonese Degradasi
Serie A 2022/2023 resmi berakhir, Sampdoria dipastikan terdegradasi. (Foto: Twitter/@SerieA)

Bagikan:

JAKARTA - Serie A musim 2022/2023 selesai bergulir bersamaan dengan digelarnya pekan terakhir pada Senin, 5 Juni dini hari WIB. Dari laga terakhir yang digelar, AC Milan memastikan tiket ke Liga Champions.

Kuota terakhir untuk ke Liga Champions musim depan diamankan oleh AC Milan usai finis keempat dengan 70 poin dari kemenangan 3-1 atas Hellas Verona. Mereka memupus harapan Atalanta.

Atalanta sendiri mendapatkan jatah Liga Europa bersama dengan AS Roma yang finis keenam. Atalanta mengoleksi 64 poin usai menang telak 5-2 atas Monza, sementara AS Roma menyusul dengan 63 poin. 

Italia berpeluang menambah satu wakil di kompetisi itu, tapi dengan syarat bahwa Fiorentina harus bisa mengalahkan West Ham United di final Liga Conference tengah pekan ini.

Juventus yang mendapat hukuman pengurangan 10 poin karena kasus penggelembungan nilai transfer, harus puas menempati posisi tujuh dengan 62 poin usai menang tipis 1-0 atas Udinese. Mereka akan tampil di Conference League musim depan.

Hasil pahit didapat Sampdoria dan Cremonese yang harus mengucapkan selamat tinggal pada Serie A usai finis di zona degradasi.

Sedangkan Spezia dan Verona yang finis di urutan 17 dan 18 dengan 31 poin akan menjalani laga playoff pada 11 Juni mendatang untuk menentukan siapa yang bertahan di Serie A dan siapa yang turun kasta.