Kalahkan Burnley 5-0, Arsenal Kembali Dekati Liverpool
Arsenal meraih kemenangan besar 5-0 atas Burnley di pertandingan Premier League Inggris. (X/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal tak terbendung meraih kemenangan penting 5-0 atas Burnley dalam laga Premier League Inggris di Stadion Turf Moor, Sabtu, 17 Februari 2024 malam WIB.

Arsenal memperpanjang rekor kemenangan saat melakoni laga tandang. Dalam duel di kandang Burnley, klub London Utara ini tampil perkasa untuk mengalahkan tuan rumah.

Tambahan tiga poin ini menjadikan Arsenal naik ke peringkat dua dengan mengantungi poin 55. Arsenal unggul tiga poin dari Manchester City. Mereka juga berhasil menjaga jarak dengan Liverpool yang bertengger di puncak klasemen.

Sementara, Burnley masih berkutat di zona degradasi. Tim yang ditangani Vincent Kompany ini menduduki peringkat 19 atau satu strip di atas penghuni dasar klasemen Sheffield United. Kedua tim sama-sama memiliki poin 13 dan terancam turun ke Divisi Championship musim depan.

Di pertandingan itu, Arsenal sepenuhnya mendominasi. Permainan menyerang The Gunners membuat Burnley hanya bisa bertahan meski mereka bermain di kandang sendiri.

Bahkan Arsenal sudah unggul cepat. Pertandingan baru berjalan lima menit, kapten Martin Odegaard sudah membobol gawang Burnley.

Gol tercipta setelah Odegaard melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang gagal diselamatkan kiper James Trafford.

Setelah gol itu, Arsenal sesungguhnya tetap bermain ofensif untuk menekan pertahanan tuan rumah. Namun serangan pasukan Mikel Arteta tak membuahkan hasil sampai akhirnya Arsenal mendapat hadiah penalti di menit 41.

Penalti diberikan setelah pemain Burnley Lorenz Assignon menjatuhkan striker Leandro Trossard di area terlarang. Wasit Jarred Gillett sempat meninjau insiden tersebut lewat VAR. Hasilnya Assignon tetap dinyatakan melakukan pelanggaran dan Gillet menunjuk titik putih.

Eksekusi penalti dituntaskan oleh Bukayo Saka meski Trafford nyaris menggagalkannya. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Arsenal dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Arsenal kembali bermain dengan tempo tinggi. Permainan menyerang mereka pun kembali memberi hasil saat laga baru berjalan dua menit.

Untuk kali kedua, Arsenal mencetak gol cepat. Kali ini, Saka mencetak brace setelah menyelesaikan assist dari Odegaard.

Arsenal kian tak terbendung dan pertahanan Burnley yang rapuh seperti tak berdaya menghadapi serangan tim tamu.

Arsenal pun menambah gol melalui Trossard yang memanfaatkan bola liar di menit 66. Skor menjadi 4-0 untuk Arsenal.

Hanya saja, The Gunners masih belum puas. Pemain sayap Kai Havertz yang sudah lama tak mencetak gol akhirnya mencatatkan nama di papan skor.

Menyambut umpan dari Jakub Kiwior, pemain timnas Jerman ini membobol gawang Burnley di menit 78. Skor 5-0 untuk Arsenal dan bertahan sampai akhir pertandingan.