PSSI dan PT LIB Rencanakan Uji Coba VAR di Championship Series Liga 1 2023/2024
Ratu Tisha Destria (tengah), Waketum PSSI, saat simulasi VAR di JSI Resort (VOI/Ferry Tri Adi Sasono).

Bagikan:

JAKARTA - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus mematangkan persiapan penerapan video assistant referee (VAR) sebelum dipakai di kompetisi Indonesia.

Demonstrasi VAR sudah berlangsung sejak Juni 2023. Selain instalasi perlengkapan, beberapa tahap sudah dijalani. Mulai dari simulasi perlengkapan VAR dengan model peraga hingga saat ini memasuki penerapan di pertandingan.

Simulasi VAR dalam pertandingan ini merupakan tahap terakhir dari persiapan tersebut. Setelah itu, FIFA akan datang untuk melakukan supervisi terhadap apa yang sudah dijalankan terkait VAR.

FIFA juga akan melakukan persetujuan untuk uji coba di pertandingan resmi jika dirasa penerapan VAR selama simulasi berjalan baik dan benar.

Salah satu rencana PSSI dan PT LIB untuk uji coba VAR di pertandingan resmi ialah pada championship series Liga 1 2023/2024.

Artinya, rencana tersebut masih berjalan di treknya, yaitu uji coba VAR pada Mei 2024.

"Ya, championship series (Liga 1 2023/2024). Sebelum kami meluncurkan ini (VAR) secara resmi, kami akan ada dua uji coba lagi sehingga ini benar-benar matang," ujar Ratu Tisha Destria, Wakil Ketua Umum PSSI, saat memantau simulasi VAR tahap terakhir di JSI Resort, Megamendung, Sabtu, 17 Februari 2024.

Hanya saja, sebelum menguji coba di Liga 1 2023/2024, PSSI dan PT LIB punya agenda percobaan VAR di kompetisi level bawah, misalnya Elite Pro Academy.

Percobaan itu mesti dilakukan di kompetisi resmi meski level bawah demi mendapat atmosfer pertandingan resmi. Selain itu, PSSI dan PT LIB juga ingin percobaan tersebut dipantau langsung oleh FIFA agar bisa mendapat masukan dan perbaikan jika perlu.

"Kami juga memikirkan beberapa trial karena memang dibutuhkan, ya. Trial resmi itu tanggal 7 Maret 2024. Kemudian Elite Pro Academy (juga akan diuji coba) dan ada trial-trial berikutnya."

"Kami memang sedang menyesuaikan jadwal instruktur FIFA. Sejauh ini mereka rencananya datang melakukan supervisi dan melihat latihan VAR tahap terakhir ini pada 1 sampai 8 Maret 2024," tutur Ratu Tisha.

Sebagai informasi, segala perlengkapan dan pelatihan VAR ini bekerja sama dengan Hawk-Eye Innovation. Semua perlengkapan VAR tersebut sama persis dengan apa yang dipakai pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.