Untuk Pertama Kalinya, VAR Bakal Digunakan di Final EPA U-20 di Solo
VAR akan dipakai di Elite Pro Academy U-20 (Ulfa Gusti/VOI).

Bagikan:

SOLO - PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya resmi mengoperasikan video assistant referee (VAR) untuk pertama kalinya di Indonesia. Percobaan VAR itu akan digunakan di final Elite Pro Academi (EPA) U-20 di Solo.

Laga final yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Kamis, 7 Maret 2024, itu akan mempertemukan Persita Tangerang U-20 melawan Persis Solo U-20.

Pengoperasian VAR di laga tersebut menjadi catatan sejarah pertama di Indonesia yang telah dicanangkan sejak lama.

"Jangan lewatkan laga final Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 2023/24 antara Persita Tangerang U-20 vs Persis Solo U-20. Laga ini juga akan digunakan untuk uji coba penerapan teknologi VAR," tulis pernyataan resmi PT LIB di Instagram @epaliga1 dikutip Kamis, 7 Maret 2024.

Sebelumnya, juru bicara PT LIB, Sabina Katya, menyebut penggunaan VAR akan digunakan di seluruh sisa pertandingan Liga 1 2023/2024.

"Iya, serentak semua pertandingan (di sisa musim Liga 1 2023/2024) akan gunakan VAR," kata Sabina Katya pada Januari 2024.

Hanya saja, realisasi untuk di Liga 1 tampaknya bakal mundur. Terbaru, PSSI dan PT LIB kemungkinan besar mengoperasikan VAR saat Championship Series Liga 1 2023/2024 pada Mei 2024.

Sebelumnya diketahui, beberapa waktu lalu PT LIB sudah menginspeksi beberapa stadion yang layak untuk pengoperasian VAR. Salah satunya ialah Stadion Batakan di Kota Balikpapan.

Ketika itu, Borneo FC memberikan momen inspeksi tersebut di Instagram.

Adanya VAR diharapkan bisa meningkatkan kualitas Liga Indonesia juga meminimalisasi kesalahan-kesalahan wasit dalam mengambil keputusan yang kerap berujung kontroversi di sepak bola Indonesia.