Setelah Uji Coba, Instruktur FIFA Sebut Wasit Indonesia Sudah Siap Gunakan VAR
Pengoperasian VAR terus diuji coba oleh PT LIB dan PSSI agar siap dipakai di kompetisi resmi (dok. PT LIB).

Bagikan:

JAKARTA - Instruktur video assistant referee (VAR) FIFA, Subkhiddin Mohammad, menyatakan wasit Indonesia sudah siap mengoperasikan VAR. Hal itu diungkapkan Subkhiddin setelah proses uji coba kembali digelar.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi melakukan uji coba tahap terakhir untuk mengaplikasikan VAR di Liga 1 2023/2024. Agenda itu berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang pada Senin, 25 Maret 2024, malam WIB.

Pada agenda tersebut, pengujian VAR dilakukan di pertandingan uji coba yang mempertemukan tiga SSB, yakni Farmel, Bmifa, dan Remci. Dari hasil uji coba, wasit Indonesia dinyatakan siap untuk menggunakan VAR.

"Ya, seperti yang saya katakan, mereka (wasit) sudah siap," kata Subkhiddin Mohammad dalam keterangan dikutip Selasa, 26 Maret 2024.

"Kami mengadakan final assessment untuk menilai kemampuan, kapabilitas, dan cara berkomunikasi mereka dengan wasit yang ada di lapangan."

"Hasilnya sangat baik dan saya katakan lulus," kata Subkhiddin lagi.

Meski para wasit sudah dinyatakan siap mengoperasikan VAR, Subkhiddin menekankan sejumlah poin penting yang harus diperhatikan wasit agar tak melakukan kesalahan saat mengoperasikan VAR.

"Hanya saja, kami perlu berhati-hati karena kami perlu mengonfirmasi agar mereka siap dan tak mengganggu jalannya laga."

"Kami tidak mau penonton menunggu terlalu lama karena pengecekan VAR yang terlalu lama," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra.

Dia menegaskan bahwa wasit perlu uji coba terus-menerus agar terampil dalam menggunakan VAR. Sehingga, kesalahan dalam akurasi keputusan minim serta waktu pengecekan VAR tidak memakan waktu lama.

"Diharapkan melalui uji coba ini, para wasit dan replay operator akan semakin terampil dalam menggunakan teknologi VAR untuk memastikan keputusan yang diambil selama pertandingan sepak bola menjadi lebih akurat dan adil," ungkap Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

Sementara itu, Project Manager Teknologi PT LIB, Muhammad Syafiq Bahanan, mengatakan bahwa proses uji coba VAR di Liga 1 sejauh ini tak mengalami kendala.

"Alhamdulillah, berjalan lancar dengan semua dinamika yang ada," ucap Muhammad Syafiq.

Serangkaian uji coba penerapan VAR kembali dilakukan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 23-26 Maret 2024.

Sebanyak 13 wasit VAR, 22 asisten wasit VAR, serta 18 replay oparator (RO) ikut ambil bagian dalam uji coba tersebut.

PT LIB bersama PSSI masih menggodok dan menguji coba untuk mematangkan pengoperasian VAR di kompetisi resmi.

Menurut rencana, PT LIB dan PSSI kemungkinan bisa meluncurkan pengoperasian VAR di kompetisi resmi pada Championship Series Liga 1 2023/2024 pada Mei 2024.