Burnley Vs Arsenal: Pekan Krusial di Antara Man City dan Liverpool
Arsenal diunggulkan saat menghadapai Burnley di Premier League Inggris. (X/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal memasuki pekan krusial di tengah persaingan antara Liverpool dan Manchester City. Laga tandang melawan Burnley di kompetisi Premier League Inggris menjadi penentuan bagi Arsenal. Manajer Mikel Arteta pun membidik kemenangan dalam duel di Stadion Turf Moor, Sabtu, 17 Februari 2024 malam WIB.

Laga melawan Burnley, menurut Arteta, sangat penting. Dan ini menjadi laga paling menentukan saat kompetisi menyisakan 14 pertandingan lagi.

Arsenal tak ingin kembali tergelincir yang menjadikan mereka sempat tertinggal dalam persaingan. Pencapaian empat kemenangan berturut-turut, termasuk saat menghajar West Ham United 6-0 menjadikan Arsenal telah kembali ke trek juara.

Kini, Arsenal yang memiliki poin 52 menempati peringkat tiga. Poin mereka sama dengan Man City, namun Arsenal masih kalah selisih gol. Baik Arsenal maupun Man City hanya terpaut dua poin dari Liverpool yang bertengger di puncak klasemen.

"Ini laga paling penting di musim ini. Namun setiap pertandingan memang akan memainkan peran yang menentukan terkait dengan apa yang ingin kami raih," kata Arteta.

"Burnley merupakan tim yang kompetitif dan ditangani pelatih yang sangat bagus. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang tidak mudah. Kami harus bermain dengan energi dan antusiasme yang tinggi," ucapnya.

Arteta menuturkan bila manajer Burnley Vincent Kompany memiliki 'aura khusus'. Menurut dia kehadiran Kompany menjadikan pemain Burnley selalu tampil dengan semangat tinggi.

"Kami mengenal dengan sangat baik. Saya menaruh respek kepada dia. Kami juga punya hubungan yang baik saat kami bekerja sama," kata Arteta yang menjadi asisten manajer Pep Guardiola pada 2016 hingga 2019 saat Kompany menjadi kapten Man City.

"Saat menjadi pemain, dia selalu memiliki ide-ide besar dan visi bagaimana bermain di sebuah pertandingan. Saya menaruh hormat pada dia," ujarnya.

Hanya saja, skuat The Clarets memang masih kalah kualitas sehingga sulit bersaing di Premier League. Terbukti, Burnley masih berkutat di zona degradasi dan terancam turun kasta bila gagal menambah poin di setiap pertandingan.

Motivasi pemain Burnley yang ingin keluar dari zona merah yang bisa menggagalkan ambisi The Gunners meraih tiga poin di laga tandang.

Persoalannya, fokus Arsenal agak terpecah karena Martin Odegaard dkk bakal menghadapi Porto di laga pertama 16 besar Liga Champions. Arteta pun harus menurunkan skuat terbaik di laga tandang, Kamis, 22 Februari 2024 dini hari WIB.

Arteta tak melakukan banyak perubahan pada skuat. Bek Oleksandr Zinchenko masih cedera. Namun bintang tim nasional Jepang Takehiro Tomiyasu sudah bisa bermain usai tampil di Piala Asia.

Bila striker Brasil Gabriel Jesus belum pulih dari cedera lutut, maka Leandro Trossard kembali menjadi starter. Dirinya ditopang Saka dan Gabriel Martinelli

Arsenal, di atas kertas, memang diunggulkan. Hanya, Arteta bakal merotasi pemain karena menghadapi dua laga penting.

Prakiraan Susunan Pemain

Burnley (4-4-2): Trafford; Assignon, O'Shea, Esteve, Delcroix; Odobert, Berge, Brownhill, Bruun Larsen; Amdouni, Datro Fofana

Arsenal (4-3-3): Raya; White, Saliba, Gabriel, Kiwior; Odegaard, Rice, Havertz; Saka, Trossard, Martinelli