Hasil Badminton Asia Team Championship 2024: Tekuk Malaysia 3-0, Indonesia ke Semifinal
Pebulu tangkis tunggal putri Putri Kusuma Wardani membuka kemenangan Indonesia atas Malaysia di Badminton Asia Team Championship 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putri Indonesia lolos ke babak semifinal Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024 setelah menghentikan Malaysia dengan skor telak 3-0.

Tiket empat besar didapat Indonesia setelah tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo comeback untuk menang dramatis tiga gim 14-21, 21-15, dan 21-16 atas Wong Ling Ching, Jumat, 16 Januari 2024.

Pada awal gim pertama, Ester dan lawannya bergantian mencetak poin sampai kedudukan 3-3. Setelah itu, Wong sukses mencetak lima poin beruntun untuk memimpin.

Ester sempat mengejar dengan empat poin beruntun, tetapi Wong kembali menelurkan tujuh angka untuk memimpin 15-7. Setelah momen itu, wakil Indonesia tidak memiliki kesempatan untuk mendekatkan jarak.

Pada gim kedua, Ester dan lawannya bermain ketat sampai kedudukan 8-8. Ester kemudian terus memimpin untuk memperpanjang laga ke gim penentuan.

Pertandingan gim ketiga juga berjalan sengit. Ester sempat unggul 15-11 sebelum lawan mengejar dan menyamakan skor. Beruntung, setelah kedudukan 16-16, Ester berhasil menelurkan lima angka beruntun.

Indonesia mengamankan poin pertama melalui Putri Kusuma Wardani. Pebulu tangkis 21 tahun itu juga menang dramatis rubber game 21-12, 18-21, dan 21-13 atas Karupathevan Letshanaa.

Poin kedua buat Merah-Putih kemudian disumbangkan oleh ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. Pasangan ini menghentikan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.