Menangkan Tottenham, Postecoglou Sebut Son Heung-min Pemain Kelas Dunia
Kapten Tottenham Hotspur Son Heung-min merayakan kemenangan lawan Brighton and Hove Albion. (X/ @SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Kapten So Heung-min berperan penting mengantarkan Tottenham Hotspur meraih kemenangan 2-1 atas Brighton and Hove Albion. Manajer Ange Postecoglou pun menyebut sang kapten sebagai pemain kelas dunia.

Son kembali berseragam Tottenham usai memperkuat Korea Selatan di Piala Asia 2023. Korsel sendiri hanya bertahan sampai semifinal sebelum disingkirkan Yordania 2-0.

Setelah Korsel tersingkir, Son langsung kembali ke London. Pasalnya dia diharapkan bisa dimainkan melawan Brighton.

Hanya Son tidak diturunkan sebagai starter dalam duel Premier League Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu, 10 Februari 2024 malam WIB.

Dirinya baru masuk menggantikan Rodrigo Bentancur saat kedudukan imbang 1-1. Brighton lebih dulu setelah Pascal Gross mencetak gol dari titik penalti di menit 17. Tottenham baru bisa menyamakan skor saat Pape Sarr mencetak gol di menit 61.

Pertandingan diperkirakan berakhir imbang sampai akhirnya Son memberikan assist yang dtuntaskan Brennan Johnson menjadi gol di injury time. Tottenham akhirnya menutup laga dengan kemenangan 2-1.

Penyelesaian gemilang bagi kami dan suporter. Ini adalah hasil dari kerja keras kami di babak kedua. Harus diakui Brighton tim yang bagus. Sebaliknya kami kurang dalam kedisplinan," ucap Postecoglou.

Postecoglou juga tak segan memuji Son. Setelah absen di beberapa pertandingan karena tampil di Piala Asia, dirinya langsung memberi kontribusi yang mengantarkan The Lilywhites meraih kemenangan.

"Terus terang kami masih butuh pembenahan. Tetapi kami punya pemain kelas dunia, yaitu Son. Dia yang membuat bola sulit menjadi gampang bagi Brennan," kata Postecoglou.

Lebih lanjut, Postecoglou membeberkan alasan mengapa Son merupakan peman kelas dunia meski belum pernah meraih trofi juara bersama Tottenham.

"Lihat saja rekor dia di Premier League yang merupakan liga paling berat di dunia. Kontribusi golnya mengesankan terlepas dari pencapaian timnya. Dia memang pemain kelas dunia," ujarnya.

Kemenangan atas Brighton mengantarkan Tottenham menembus empat besar. Klub London Utara ini naik ke peringkat empat dengan menggeser Aston Villa setelah mengantungi poin 47.