Deep Purple Luncurkan Machine Head: Super Deluxe Edition
Deep Purple (Instagram @deeppurple.official)

Bagikan:

JAKARTA - Deep Purple menciptakan salah satu riff gitar terbaik sejak penemuan rock and roll dengan "Smoke On The Water". Sebuah lagu yang dijuluki "Beethoven's 5th-nya hard rock."

Sejak debutnya pada 1972 di album "Machine Head", lagu dan album tersebut telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam musik sekaligus menginspirasi banyak band di seluruh dunia.

Warner Records dan Rhino Entertainment menghormati warisan besar album ini dengan versi komprehensif yang memperkenalkan mixing-an baru dan rekaman live yang belum pernah dirilis sebelumnya.

"Machine Head: Super Deluxe Edition" akan tersedia pada 29 Maret dalam bentuk 3-CD/LP/Blu-ray.

Koleksi tersebut menonjolkan beberapa versi album yang berbeda, termasuk stereo baru dan mixing Dolby Atmos oleh Dweezil Zappa. Mixing-an quadraphonic tahun 1974 dan versi remaster baru dari album aslinya juga ditampilkan sehingga menambah kedalaman pada set yang luar biasa ini.

Adapun versi stereo baru Zappa yang di-remix dari "Smoke On The Water" kini tersedia secara digital.

"Super Deluxe Edition" juga berisi dua pertunjukan live yang menawan. Pertama, direkam pada 9 Maret 1972, di Teater Paris di London, menampilkan penampilan panggung Deep Purple yang tak tertandingi selama tur "Machine Head". Kedua, direkam pada April 1971 di Kasino Montreux di Swiss.

Deep Purple berencana untuk merekam "Machine Head" di sana pada Desember itu, tetapi tempat tersebut terbakar tepat sebelum sesi dimulai, sebuah peristiwa yang diabadikan dalam "Smoke On The Water".

Setelah kejadian tersebut, gitaris Ritchie Blackmore, kibordis Jon Lord, vokalis Ian Gillan, bassis Roger Glover dan drumer Ian Paice pindah ke Grand Hotel terdekat (kosong untuk musim dingin) untuk merekam album.

Meskipun terjadi kekacauan, band ini berhasil menciptakan album tersukses yang pernah ada, menduduki puncak tangga album Inggris dan memecahkan Top 10 di AS, mendapatkan sertifikasi double platinum pada tahun 1986.