Barcelona Bantah Jose Mourinho Gantikan Xavi Hernandez
Pelatih Jose Mourinho.(X/@OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona masih mencari pelatih untuk menggantikan Xavi Hernandez. Barca juga membantah bila Jose Mourinho bakal menjadi suksesor Xavi.

Xavi membuat keputusan mengejutkan dengan mengundurkan diri sebagai pelatih Barca. Dengan belum adanya pengganti Xavi, sejumlah kandidat memang bermunculan.

Terakhir, Mourino disebut-sebut bakal menggantikan Xavi. Media di Spanyol menyebutkan Mourinho yang baru saja diberhentikan AS Roma bakal menangani Barca.

Bila itu yang terjadi, maka Mourinho menjadi pelatih ketiga dalam sejarah kedua klub yang bisa menangani Madrid dan Barca.

Mourinho sendiri pernah tiga musim mengarsiteki Madrid. Dirinya memang pernah di jajaran pelatih Blaugrana. Hanya saat itu, dirinya menjadi asisten pelatih.

Rumor munculnya nama Mourinho karena eks manajer Chelsea dan Manchester United ini memilii kedekatan hubungan dengan Direktur Olahraga klub Deco. Kebetulan lagi, mereka di bawah agen yang sama Jorge Mendes.

Mendes pula yang berperan dalam kepindahan dua pemain ke Barca, Joao Cancelo dan Joao Felix yang berstatus pemain pinjaman dari Atletico Madrid.

Namun Deco tegas membantah bila Mourinho bakal menangani Barca. Menurut dia Mourinho tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan klub.

"Dia memang sahabat dekat saya. Tetapi saya sudah lama tidak bicara dengan dia," kata Deco.

"Kami mencari pelatih yang bisa beradaptasi dengan situasi yang dialami klub. Pelatih juga harus mengambil peranan mengembangkan pemain muda kami," ujar dia.

Sedangkan mengenai pengganti Xavi, ada sejumlah kandidat. Manajer Liverpool Jurgen Klopp disebut-sebut bakal menangani Barca. Namun Deco enggan membahas Klopp.

"Dia manajer besar. Tetapi ini bukan saat yang tepat membicarakan hal tersebut," ujarnya.

Selain itu ada Mikel Arteta yang saat ini menangani Arsenal. Namun Arteta membantah bakal melatih Barca. Dia mnyebut kabar itu tak ubahnya kabar bohong alias fake news.