Bagikan:

JAKARTA - Chelsea menyelamatkan manajer Mauricio Pochettino dengan mengamankan tiket ke babak kelima Piala FA. Di laga ulang babak keempat melawan Aston Villa di Stadion Villa Park, Kamis, 8 Februari 2024 dini hari WIB, Chelsea menang 3-1. Leeds United jadi lawan berikutnya The Blues.

Performa di luar dugaan dari Chelsea. Saat Pochettino mendapat tekanan atas hasil buruk Chelsea, dirinya kembali berhasil mengangkat performa tim asuhannya.

Bagaimana tidak, Chelsea diprediksi mengalami kesulitan saat melakoni laga ulang di kandang lawan setelah bermain imbang 0-0 di Stamford Bridge.

Klub London Barat ini pun membawa modal yang tidak cukup bagus. Pada dua laga sebelumnya di kompetisi Premier League Inggris, mereka mengalami pembantaian sampai empat gol.

Setelah dihajar Liverpool 4-1, Chelsea yang bermain di kandang sendiri dipermalukan Wolverhampton Wanderers 4-2.

Kekalahan berturut-turut itu menjadikan Pochettino mendapat tekanan. Puncaknya klub didesak memberhentikan eks manajer Tottenham Hotspur ini.

Hanya saja permintaan itu tak bisa dipenuhi karena menyangkut kompensasi dan kemungkinan pelanggaran profit and sustainability rules (PSR).

Saat Pochettino ditekan habis-habisan, dirinya justru mengantarkan Chelsea ke babak kelima Piala FA. Begitu pula keberhasilan Chelsea menyingkirkan Villa membantu menyelamatkan Pochettino.

Dalam duel itu, Chelsea menunjukkan performa maksimal. Mereka mampu menguasai permainan sehingga memberi tekanan terhadap pertahanan Villa

Serangan Chelea pun langsung memberi hasil positif saat laga baru berjalan 11 menit. Gelandang Conor Gallagher membobol gawang Villa yang dikawal kiper Emiliano Martinez setelah menyelesaikan assist dari Noni Madueke.

Gol itu tercipta lewat kerjasama apik Gallagher yang memberikan bola kepada Nicolas Jackson. Dia kemudian menyodorkan kepada Madueke yang berlari meyambutnya dan mengembalikan bola kepada Gallagher yang melepaskan tendangan ke sudut atas gawang.

Unggul 1-0 menjadikan Chelsea kian bersemangat menekan lawan. Sementara, Villa yang sebelumnya membantai Sheffield United 5-0 di kompetisi domestik malah tak bisa berbuat banyak menghadapi permainan ofensif tim tamu.

Bahkan Martinez harus kembali memungut bola dari gawangnya setelah Jackson sukses mencetak gol di menit 21. Dirinya menyelesaikan umpan matang Malo Gusto untuk mengubah skor menjadi 2-0. Skor itu bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Villa mencoba bangkit. Setelah mendapat tekanan habis-habisan, tim asuhan Unai Emery berusaha mengejar defisit gol.

Namun Chelsea menolak memberi kesempatan The Villans mengembangkan permainan secara maksimal. Pasukan Pochettino menunjukkan konsistensi dengan membangun pertahanan yang solid tetapi mereka juga bermain terbuka.

Striker Cole Palmer nyaris memperbesar keunggulan Chelsea. Namun tendangannya bisa diblok.

Bila Palmer gagal mencetak gol, sebaliknya gelandang tim nasional Argentina Enzo Fernandez sukses melakukannya lewat tendangan bebas yang indah dari luar kotak penalti.

Tendangannya melewati pagar empat pemain Villa dan menaklukkan Martinez yang tak lain kompatriotnya.

Skor berubah menjadi 3-0 untuk Chelsea. Villa sudah menyerah dan tidak ada lagi serangan membahayakan ke gawang Chelsea.

Tuan rumah akhirnya memperkecil ketinggalannya saat Moussa Diaby mencetak gol pada injury time. Skor menjadi 3-1 dan Chelsea mampu mempertahankannya sampai akhir laga.

Di babak kelima Chelsea bertemu tim dari Divisi Championship Leeds United. Leed yang musim lalu bermain di Premier League menyingkirkan tim Championship lainnya Plymouth Argyle 4-1 juga lewat replay.