Semifinal Piala Asia 2023: Qatar Tumbangkan Iran 3-2
Qatar melaju ke final Piala Asia 2023 (Instagram/@qfa).

Bagikan:

JAKARTA - Tuan rumah Qatar berhasil mengamankan tiket final Piala Asia 2023 setelah menumbangkan Iran dengan skor 3-2 di Stadion Al Thumama, Rabu, 7 Februari 2024, malam WIB.

Tampil di depan publik sendiri, Qatar mendapat perlawanan sengit dari Iran. Mereka bahkan tertinggal lebih dulu ketika laga baru berjalan empat menit.

Sardar Azmoun membuka keunggulan Iran dengan tendangan salto setelah sapuan Pedro Miguel gagal.

Qatar langsung merespons. Keunggulan Iran hanya bertahan 13 menit. Tuan rumah menyamakan kedudukan pada menit ke-17 bermula dari aksi Akram Afif.

Afif melakukan penetrasi menembus pertahanan Iran sebelum melepas umpan tarik. Operan itu lantas disambar Jassem Gaber dengan sepakan keras jarak jauh yang menggetarkan jala gawang Alireza Beiranvand.

Iran yang lebih dominan menguasai laga mencoba kembali mencari keunggulan, tapi beberapa usaha mereka gagal.

Justru Qatar berbalik unggul dua menit sebelum turun minum. Lagi-lagi bermula dari aksi Afif dari sisi kiri penyerangan.

Akselerasi sang winger sempat diadang empat bek Iran, tapi dia berhasil menembak. Sepakannya mengearah ke sudut kanan gawang Iran dan tak mampu dihalau Beiranvand.

Skor 2-1 untuk Qatar bertahan hingga laga pertama usai.

Berlanjut ke babak kedua, Iran langsung mengambil insiatif serangan demi gol penyama kedudukan. Usaha mereka langsung berbuah hasil pada menit ke-49.

Wasit menunjuk titik putih setelah Ahmed Fathi kedapatan handball di kotak penalti. Alireza Jahanbakhsh sukses melaksanakan tugasnya dan berhasil mengecoh Mershaal Barsham.

Laga kian sengit dan intensitas meninggi setelah skor 2-2. Qatar punya kesempatan kembali unggul melalu Yusuf Abdurisag pada menit ke-53.

Namun, peluang itu masih bisa dimentahkan Beiranvand. Kans emas berikutnya lahir melalui sundulan Almoez Ali pada menit ke-72, tapi lagi-lagi masih bisa diamankan kiper Iran.

Iran bukan tanpa peluang. Mereka punya kesempatan melalui Azmoun yang nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-75. Hanya saja, bek Boualem Khoukhi berhasil menggagalkan upaya itu dengan sigap menyapu bola sebelum bola melewati garis gawang Qatar.

Pada pengujung babak kedua, Qatar berhasil memanfaatkan kelengahan Iran. Abdulaziz Hatem awalnya melepas tembakan jarak jauh.

Namun, bola malah mengarah ke Almoez Ali yang ada di kotak penalti. Dia dengan tenang menembak ke sudut gawang Iran hingga akhirnya membuat Beiranvand memungut bola.

Gol itu sempat menimbulkan perdebatan lantaran Almouz diduga sudah lebih dulu offside ketika menerima bola dari Hatem. Beruntung, setelah peninjauan video assistant referee (VAR), Almouz dinyatakan onside sehingga gol pun disahkan.

Menilik waktu yang kian menipis, Iran gencar membombardir pertahanan Qatar untuk membuat kedudukan imbang. Hanya saja, malapetaka justru menimpa mereka pada injury time babak kedua.

Shojae Khalilzadeh diganjar kartu merah langsung akibat pelanggaran terhadap Afif pada menit ke-90+3.

Insiden itu bermula ketika Iran fokus mencari gol. Di luar dugaan, Qatar bisa mengambil alih penguasaan bola dan melancarkan serangan balik saat pertahanan Iran lengah.

Afif melakukan penetrasi sendirian dengan cepat. Ketika hampir mendekati gawang Iran, Khalilzadeh harus melanggar Afif untuk menggagalkan peluang emas Qatar.

Selepas bermain dengan 10 pemain, Iran kian sulit mencari gol penyeimbang. Dalam 12 menit waktu injury time tersisa, mereka gagal mencetak gol.

Alhasil, Qatar sukses mengamankan tiket final Piala Asia 2023 dengan kemenangan 3-2. Kemenangan itu membawa tuan rumah berjumpa Yordania di laga puncak.

Ini merupakan final kedua beruntun untuk Qatar. Sebelumnya, mereka melaju ke partai pemungkas yang berujung juara Piala Asia 2019.

Artinya, Qatar punya kans untuk mempertahankan trofinya pada edisi Piala Asia 2023.