Bagikan:

JAKARTA - Arab Saudi berhadapan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Education, Al Rayyan, Selasa, 30 Januari 2024.

Pertemuan Green Falcons dan Taegeuk Warriors menjadi partai paling sengit di 16 besar daripada laga-laga lain.

Selain mempertemukan dua tim kuat Asia, bentrok keduanya juga sebagai ajang duel dua pelatih top dunia, Roberto Mancini dan Jurgen Klinsmann.

Arab Saudi lebih percaya diri karena mereka diunggulkan. Favoritisme anak asuh Mancini tak lepas dari penampilan apik di fase grup.

Mereka lolos ke babak gugur sebagai juara Grup F dari dua kemenangan dan satu seri. Arab Saudi juga cuma kebobolan satu gol dan mencetak empat gol.

Beda hal dengan Korea Selatan yang terseok-seok di Grup E. Anak didik Jurgen Klinsmann hanya mengunci runner-up grup untuk lolos ke babak gugur.

Taegeuk Warriors cuma berhasil meraup satu kemenangan dan dua laga sisa berakhir seri.

Meski penampilan Korea Selatan kurang mengesankan, Mancini tetap waspada. Apalagi lawan punya pemain sekelas kapten Son Heung-min dan beberapa nama membela klub top Eropa.

"Persiapan kami sama dengan laga lainnya, tidak ada perubahan. Kami melawan salah satu tim terbaik di turnamen ini. Bukan hanya penyerang, seluruh tim juga bagus. Mereka punya kecepatan dan kualitas dengan pemain-pemain di Eropa."

"Mereka punya kualitas bagus, punya pengalaman besar. Bagi kami, akan sangat penting bermain sebagai sebuah tim. Saya pikir kami telah meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir dan kami positif," tutur Mancini di laman AFC.

Mancini lebih lanjut mengungkapkan sudah punya formula menghadapi Korea Selatan. Laga-laga fase grup menjadi bahan analisisnya.

Korea Selatan menjadi tim terbilang rapuh dalam pertahanan karena kebobolan enam gol.

"Korea Selatan adalah tim yang sangat bagus, meski kebobolan enam gol di babak penyisihan grup. Namun, hal itu tidak mengubah kekuatan mereka karena mereka punya pemain yang sangat bagus."

"Mereka mencetak banyak gol. Jika mereka (banyak) kebobolan maka mungkin kami bisa tahu saat kami menyerang, kami punya peluang untuk mencetak gol," kata Mancini lagi.

Pemenang laga Arab Saudi vs Korea Selatan ini sudah ditunggu Australia di perempat final Piala Asia 2023. Socceroos melangkah ke delapan besar setelah menumbangkan Timnas Indonesia 4-0.