Bagikan:

JAKARTA - Tajikistan mendapatkan tiket ke perempat final Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Uni Emirat Arab di Stadion Ahmad bin Ali pada Minggu, 28 Januari 2024, malam WIB.

The Crowns, julukan Tajikistan, memberikan perlawanan sengit meski tak diunggulkan.

Mereka bahkan unggul lebih dulu pada menit ke-30 melalui Vakhdat Khanonov. Dia sukses membobol gawang Khalid Elisa setelah memanfaatkan umpan Zoir Juribaev.

UEA kemudian merespons lima menit kemudian demi mencari gol penyeimbang. Hanya saja, upaya mereka lewat Zayed Sultan masih belum membuahkan hasil.

Keunggulan 1-0 buat Tajikistan bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua, permainan kian terbuka sejak awal.

UEA berambisi menyamakan kedudukan, tapi Tajikistan ternyata tak tinggal diam.

Meski kalah dominasi penguasaan bola, Tajikistan beberapa kali merepotkan pertahanan UEA dengan serangan efektif mereka.

Sementara kubu UEA terbentur aksi apik kiper Tajikistan, Rustam Yatimov.

Hingga 90 menit waktu normal, segala usaha UEA gagal menghasilkan gol. Mereka baru bisa menciptak gol yang dibutuhkan pada injury time, tepatnya 90+5.

Khalifa Al Hammadi masuk papan skor usai sundulannya menggetarkan jala gawang Tajikistan memanfaatkan sepakan bebas Ali Saleh.

Skor 1-1 itu bertahan hingga babak kedua kelar. Alhasil, laga berlanjut ke babak tambahan.

Hanya saja, tidak ada gol lagi yang tercipta pada 2 x 15 menit sehingga harus berlanjut ke adu penalti untuk menentukan pemenang.

Pada babak tos-tosan, penendang Tajikistan sukses melakukan semua tugasnya. Apes bagi UEA, Caio Canedo menjadi satu-satunya penendang yang gagal sebagai eksekutor.

Kegagalan Caio Canedo membuat UEA harus mengubur mimpi melangkah ke perempat final Piala Asia 2023.

Sementara itu, Tajikistan di luar dugaan mampu melenggang lebih jauh. Padahal, di atas kertas The Crowns tak diunggulkan.

Menilik pengundian fase grup Piala Asia 2023, Tajikistan cuma bergabung di pot 4 bersama India, Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Indonesia.

Secara peringkat, Tajikistan terpaut jauh dari UEA. The Crowns ada di peringkat ke-106 FIFA sedangkan UEA ada di peringkat ke-64.