Shin Tae-yong Berikan Alasan Lima Pemain Belum Tampil di Piala Asia 2023
Shin Tae-yong tak ingin mengambil risiko saat menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia bertemu Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassin bin Hamad, Minggu, 28 Januari 2024.

Shin Tae-yong tengah meramu pemain yang siap tampil di laga tersebut. Ia enggan berspekulasi saat ditanya soal lima pemain, di luar kiper, yang belum diturunkan selama fase grup.

Lima nama tersebut ialah Ramadhan Sananta, Mohammad Edo Febriansah, Wahyu Prasetyo, Shayne Pattynama, dan Dendy Sulistyawan.

"Walaupun kami membawa 26 pemain, tapi pemain yang sungguh bisa tampil di turnamen saya pikir normalnya hanya 16-18 pemain."

"Situasi ini saya pikir sama dengan tim-tim lain," ujar Shin Tae-yong saat konferensi pers pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Pelatih asal Korea Selatan itu tentu punya pertimbangan sendiri. Tak heran, dia juga tak mau memastikan apakah lima penggawanya tadi bisa diturunkan di laga kontra Australia.

"Kemungkinan (bermain) untuk pemain yang belum pernah tampil, sejauh ini saya tidak bisa bicara. Laga melawan Australia tidak mudah," tuturnya.

Shin Tae-yong tentu mempersiapkan semua pemain untuk laga 16 besar Piala Asia 2023. Hanya saja, pemilihan skuad nanti pastinya mempertimbangkan pemain mana yang lebih siap tampil.

Soalnya, ia menyadari Australia merupakan salah satu tim kuat di Piala Asia 2023. Socceroos belum pernah kalah di fase grup dan baru kebobolan satu kali.

Tak heran, pelatih Skuad Garuda itu tak mau berisiko agar bisa menampilkan permainan terbaik.

"Saya sangat senang jika ada keajaiban datang ke kami karena partai ini tidak mudah. Lawan sangat kuat."

"Namun, kami akan bermain dengan mentalitas kuat dan tidak mudah menyerah. Fokus penuh di pertandingan sampai wasit meniup peluit panjang. Kami akan melakukan pertandingan terbaik," ujarnya.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya tim yang selalu mencetak gol di semua laga fase grup. Catatan itu ingin diteruskan saat jumpa Australia di babak gugur.

Tak hanya itu, Skuad Garuda tak mau menyia-nyiakan perjuangan mencetak sejarah pertama kali ke babak gugur Piala Asia. Timnas Indonesia termotivasi melangkah lebih jauh lagi.