Kemenangan Hsieh Su-wei dan Jan Zielinski di Ganda Campuran Australia Open 2024 Cetak Sejarah
Hsieh Su-wei dan Jan Zielinski juara Australia Open 2024 (Instagram/@jan_zielinski_).

Bagikan:

JAKARTA - Sejarah terukir di final ganda campuran Australia Open 2024. Kemenangan Hsieh Su-wei dan Jan Zielinski atas Desirae Krawczik dan Neal Skupski mencetak rekor baru.

Sun-wei/Zielinski yang merupakan unggulan ketiga menang melawan unggulan kedua, Krawczyk/Skupski, tiga set dengan skor 6-7 (5), 6-4, dan 11-9 pada Jumat, 26 Januari 2024 di Rod Laver Arena.

Sun-wei/Zielinski menyelamatkan satu poin dalam tiebreak pertandingan yang penuh tekanan, sebelum memastikan kemenangan dalam waktu kurang dari dua jam.

Pertandingan puncak ganda campuran Australia Open 2024 itu mencetak catatan baru. Partai itu menjadi yang pertama dimainkan dua pasangan unggulan empat teratas sepanjang perhelatan di Melbourne Park dalam 23 tahun terakhir.

Selain itu, gelar ganda campuran Australia Open 2024 ini merupakan trofi besar pertama bagi Hsieh yang berusia 38 tahun dan Zielinski yang berusia 27 tahun.

Hsieh Sun-wei juga menjadi pemain China Taipei pertama yang memenangi gelar ganda campuran Australia Open. Sementara Zielinski adalah pemain Polandia pertama dalam sejarah yang merebut mahkota ganda campuran utama berlabel Grand Slam.

"Itu sangat berarti. Sejak kemarin saya mendapat banyak pesan, banyak statistik bahwa ada empat pemain Polandia (yang) kalah di final sebelumnya. Bahkan, punya match point."

"Hal ini mulai terlintas dalam pikiran saya ketika kami unggul banyak dalam super tiebreak. Kemudian, segala sesuatunya mulai menjadi sedikit tidak terkendali."

"Kami tertinggal satu match point. Saya seperti, 'Saya tidak ingin menjadi orang berikutnya yang, Anda tahu, kami memiliki peluang lagi dan orang-orang akan membicarakannya'," ujar Zielinski di laman Australia Open.

"Namun, Su-Wei mengatakan sebelum pertandingan, ketika kami sedang berjalan menuju pemanasan, bahwa dia adalah pemecah kutukan. Jadi, terima kasih kepadanya karena telah mematahkan kutukan Polandia di final ganda campuran," katanya.

Menambah drama di balik kemenangan ini, ada rekor buruk ganda campuran yang dipegang Sun-wei dan Zielinski.

Sebelum Australia Open 2024, Zielinski, yang berperingkat ke-17 dunia, belum pernah memenangi pertandingan ganda campuran di level Grand Slam.

Lalu, Hsieh, yang ada di peringkat keenam dunia, tidak pernah melampaui semifinal dalam 24 penampilan sebelumnya dalam undian utama ganda campuran.

"Saya tidak tahu sampai menit terakhir dengan siapa saya akan bermain. Saya datang ke Melbourne tidak benar-benar mengincar ganda campuran."

"Saya kalah empat kali pada putaran pertama tahun lalu. Saya datang ke sini hanya untuk bersenang-senang dan melihat bagaimana kelanjutannya."

"Saat saya melihat nama Su-wei di daftar pencarian, saya berpikir, 'Oh, sebenarnya, ini bisa menjadi mitra terbaik yang pernah saya miliki. Ayo kita coba, kirim pesan, lihat apakah dia ingin bermain’."

"Saya tahu sebelum kami melangkah ke lapangan, Su-wei adalah pemain ganda yang sangat berpengalaman. Anda tahu, dia punya banyak pengalaman dan dia bisa membawa kita melangkah jauh. Itu akhirnya menjadi perjalanan yang layak, menurut saya," kata Zielinski.