Konsentrasi Jadi Faktor Kekalahan Timnas Indonesia U-20 vs Thailand U-20
Timnas Indonesia U-20 kalah 1-2 melawan Thailand U-20 di laga uji coba (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 menelan kekalahan 1-2 melawan Thailand U-20 saat uji coba perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat, 26 Januari 2024.

Indra Sjafri, pelatih Garuda Muda, tidak mempermasalahkan hasil tersebut. Dia lebih fokus melihat performa individual penggawanya untuk mencari yang terbaik dalam rangkaian pemusatan latihan (TC).

Sebagaimana diketahui, rangkaian TC Indonesia U-20 merupakan ajang mencari pemain terbaik untuk tampil di beberapa agenda penting, seperti Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025.

Meski demikian, Indra sadar benar masih ada beberapa sektor yang harus dibenahi selain mencari penggawa terbaik.

Dia melihat faktor konsentrasi berpengaruh besar terhadap kekalah melawan Thaialnd U-20. Hal itu diamini salah satu pemain Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas.

"Ini masih uji coba. Menurut saya, kami sudah bekerja keras di lapangan. Memang kurang fokus pada menit-menit akhir."

"Melihat kekalahan ini, mungkin kami bisa membenahi apa yang perlu dibenahi ke depannya sehingga bisa lebih baik lagi," kata Dony Tri Pamungkas yang juga pemain asal Persija Jakarta tersebut.

Timnas Indonesia U-20 sejatinya unggul lebih dulu pada menit ke-12 melalui gol Toni Firmansyah. Namun, Gajah Putih menyamakan kedudukan pada menit ke-63 lewat gol Praipan Wongsa.

Sayang, gawang Garuda Muda kembali bobol pada injury time babak kedua. Puttaraburin Jannawan masuk papan skor untuk Thailand U-20 pada menit ke-90+3.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 masih punya uji coba lanjutan melawan Uzbekistan. Laga tersebut rencananya akan dihelat di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada 30 Januari 2024.