Bagikan:

JAKARTA - Federasai Sepak Bola Indonesia (PSSI) resmi menjalin kerja sama dengan Erspo. Kemitraan ini sekaligus menandakan adanya pembaruan apparel buat Timnas Indonesia dengan menggandeng produk lokal.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir dalam acara peluncuran kerja sama di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Senin, 22 Januari 2024, siang WIB.

Kata Erick Thohir, keputusan untuk menggandeng kerja sama dengan Erspo sebagai apparel anyar Timnas Indonesia dilalui dengan proses transparan dan penuh pertimbangan matang.

"Kemarin kita doroong untuk semua brand bisa masuk (mengajukan diri), tapi saya mengharapkan ada brand lokal yang bisa berkolaborasi. Ini (kerja sama dengan Erspo) prosesnya sangat transparan," tutur Erick Thohir.

"Kita sebarkan pengumuman dan dalam seleksi itu ada 20-an (brand) yang minta, tapi yang terbaik Erigo atau hari ini Erspo," katanya.

Erspo merupakan turunan dari brand Erigo yang sebelumnya dikenal sebagai produsen pakaian kasual yang lebih condong pada gaya pakaian urban.

Kehadiran Espro berarti Erigo punya komitmen untuk fokus pada pakaian olahraga yang bisa menghadirkan kenyamanan bagi performa Timnas Indonesia.

"Terima kasih sebelumnya saya ucapkan kepada Pak Erick Thohir yang sudah memercayakan Erspo. Jadi, officially hari ini kita akan memperkenalkan brand baru yang namanya Erspo."

"Itu identitas berbeda dari Erigo karena kita ingin serius di industri sportswear," ujar Muhammad Sadad selaku pendiri Erigo.

Meski telah mengumumkan kerja sama dengan PSSI, Erspo masih belum menunjukkan seperti apa apparel yang bakal mereka sediakan untuk punggawa Timnas Indonesia.

Namun, Erspo sudah memastikan akan ada jesey home dan away yang proses peluncurannya baru akan dilaksanakan pada Maret 2024.

Selain menjadi penyedia apparel resmi untuk Timnas Indonesia, kerja sama Erspo dan PSSI juga akan menghadirkan kemitraan dalam bentuk sponsorship dan royalti.

"Nilainya (kerja sama) ini Rp16,5 miliar, di mana ada cash Rp5 miliar, dan yang paling terbaru ada istilahnya royalti. Ini belum pernah ada selama ini."

"Biasanya hanya dengan konsep sponsorship. Karena itu, kami juga mendorong bagaimana supaya PSSI, Timnas Indonesia, bisa kami bantu."

"Jangan sampai kerja sama ini tidak bertahan lama. Kalau kita mau sukses sama-sama, kita harus ada mutual, benefit, kerja sama yang bertahan lama," kata Ketum PSSI.

Dari kesepkatan ini, PSSI dan Erspo bakal menjalin kerja sama dengan durasi dua tahun ke depan. Sepanjang kemitraan ini juga akan dilakukan penilaian terhadap kualitas produk yang diperuntukan kepada Timnas Indonesia.