Bagikan:

JAKARTA - Piala Asia 2023 telah memasuki matchday ketiga fase grup pada Senin, 22 Januari 2024. Ada empat tim yang akan bersaing untuk memastikan tiket lolos ke babak 16 besar.

Qatar selaku tuan rumah akan menghadapi China sebagai lawan terakhir Grup A. Pertandingan ini akan menentukan klasemen akhir fase grup di mana peringkat pertama sampai ketiga terbaik bakal maju ke fase gugur.

Pertandingan penentu antara Qatar vs China ini akan digelar di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, pada pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB.

Pada saat bersamaan juga akan digelar pertandingan antara Tajikistan melawan Lebanon. Mereka akan tampil di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan.

Bagi Qatar, laga ini tak banyak berarti. Pasalnya, mereka selaku tuan rumah sudah memastikan menjadi juara Grup A berkat kemenangan atas Tajikistan dan Lebanon pada laga sebelumnya.

Sementara itu, pertandingan terakhir Grup A yang berlangsung Senin malam justru akan menjadi partai penentuan bagi China, Tajikistan, dan Lebanon.

China butuh kemenangan untuk finis di posisi kedua. Jika berada di posisi runner-up maka China akan lolos otomatis ke fase 16 besar.

Posisi runner-up juga bisa diraih China lewat hasil seri. Bila China bermain seri, mereka masih harus berharap duel Tajikistan vs Lebanon juga berakhir seri untuk bisa finis di posisi kedua klasemen Grup A.

Sama-sama baru meraih satu poin, matchday ketiga ini bakal jadi laga penentu hidup-mati bagi Tajikistan dan Lebanon.

Kemenangan menjadi hal penting yang dibutuhkan kedua negara untuk setidaknya mengamankan posisi tim peringkat tiga terbaik.

Kemenangan juga bisa berbuah tiket 16 besar bagi Tajikistan atau Lebanon dengan syarat China gagal mengalahkan Qatar.

Jadwal Piala Asia 2023 Hari Ini Senin, 22 Januari 2024

Qatar vs China

Stadion Internasional Khalifa

Kick Off 22.00 WIB

Tajikistan vs Lebanon

Stadion Jassim Bin Hamad

Kick Off 22.00 WIB