Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memiliki banyak pekerjaan rumah menjelang Indonesia Masters 2024 yang digelar pekan ini.

Pelatih ganda putra, Aryono Miranat, mengemukakan ada empat hal penting yang perlu diperhatikan Fajar/Rian setelah pasang ini hanya mencapai babak perempat final dari dua turnamen yang telah diikuti pada awal tahun ini.

"Fajar/Rian dalam dua pertandingan hanya menembus babak delapan besar. Hasil ini kurang memuaskan dan masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi," ujar Aryono dalam keterangan dari PBSI.

Dua turnamen yang Fajar/Rian ikuti awal tahun ini ialah Malaysia Open dan India Open 2024. Pada turnamen pertama mereka gugur melawan Liang Weikeng/Wang Chang, sedangkan di India mereka ditekuk pasangan juara dunia, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Aryono menegaskan untuk bisa mendapat hasil lebih baik di turnamen selanjutnya, maka Fajar/Rian perlu memperbaiki beberapa catatan dari hasil evaluasi.

"Terutama mengover permainan di depan net supaya bisa tetap bermain menyerang. Pola bertahan juga masih belum rapat. Unforced error juga harus dikurangi terutama servis atau pengembalian servis," katanya.

"Selanjutnya adalah fighting spirit harus keluar dari diri sendiri. Saat tertekan harus cepat bisa kembali melawan atau saat unggul harus tetap fokus," tutur Aryono.

Fajar/Rian akan turun di ajang Indonesia Masters 2024 yang berlangsung dari 23-28 Januari 2024 di Istora Senayan, Jakarta.

Pada babak pertama, Fajar/Rian, yang menjadi unggulan ketiga, akan menghadapi pasangan China Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan.

Fajar/Rian dominan rekor menang-kalah 4-1 dari lima bentrok sebelumnya dengan pasangan tersebut.