Bagikan:

JAKARTA – Perancis membuka kesempatan buat talenta muda Indonesia untuk mendapatkan beasiswa sepak bola. Program bernama Bola d’Or tersebut mulai berlangsung pada Januari 2024.

Bola d’Or Indonesia adalah proyek pendidikan dan olahraga yang didukung oleh Kementerian Luar Negeri Perancis serta dilaksanakan oleh Institut Francais d’Indonesie, Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Timor Leste, ASEAN, French Football Academy Jakarta (FFF), Life School-Lycee Francais de Jakarta, dan Silk Road Sports Indonesia.

Program ini memberikan kesempatan kepada ratusan anak Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki kelahiran tahun 2014/2015, untuk mengikuti seleksi yang digelar di Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bekasi.

Anak-anak yang memenuhi syarat dipersilakan mengikuti tahap deteksi bakat mulai dari Januari sampai Juni 2024. Akan ada enam tahap seleksi, termasuk melibatkan sesi belajar bahasa Perancis.

Seleksi ini memberikan kesempatan beasiswa kepada 10 anak di FFF French Football Academy Jakarta dan dua anak mendapatkan beasiswa sekolah di Life School–Lycee Francais de Jakarta.

Proses pendeteksian nanti akan dilakukan oleh tim FFF- French Football Academy-di empat venue berbeda di bawah arahan pelatih Patrick Vallee (Direktur Teknik). Keseluruhan acara dilaksanakan oleh Silk Road Sports Consulting.

Adapun kelas bahasa Perancis akan diselenggarakan oleh Institut Francais d'Indonesie.

Program ini dibuka secara gratis untuk semua anak berkewarganegaraan Indonesia, tetapi dengan syarat calon peserta harus berkomitmen untuk mengikuti enam tahap seleksi.

Setiap venue seleksi tahap pertama memiliki kuota 60 anak. Seleksi tahap pertama akan berlangsung 27 Januari 2024 di PSF Pancoran, Jakarta, Lapangan ASIOP di Bogor pada 28 Januari 2024, DM Sport di Tangerang pada 10 Februari 2024, dan di Bekasi (MJCC) pada 11 Februari 2024.

Kemudian, tahap kedua akan berlangsung Februari-Maret 2024, tahap ketiga digelar April-Mei 2024, tahap keempat Mei-Juni 2024, dan tahap kelima-keenam pada Juni 2024.

Pada akhir fase terakhir, 10 pemain akan dipilih dari total 240. Anak-anak yang terpilih di tahap keenam itu akan mendapat kursus Bahasa Prancis dari IFI pada pagi hari, dan berlatih sepak bola di FFF Academy Jakarta, sore harinya.

Dari 10 anak itu akan ada dua pemenang utama masing-masing satu putra dan satu putri. Pemenang akan berkesempatan untuk menerima beasiswa sekolah di Life School Jakarta.

Sementara itu, 10 anak yang terpilih di tahap keenam tersebut otomatis mendapatkan beasiswa 10 tahun di FFF Academy Jakarta.