Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil menjaga asa ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah menang 1-0 atas Vietnam di laga kedua Grup D.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah, Jumat, 19 Januari 2024, malam WIB, gol tunggal Timnas Indonesia diciptakan Asnawi Mangkualam Bahar.

Sang kapten menjadi eksekutor penalti setelah wasit menunjuk titik putih. Penalti terjadi usai Rafael Struick dilanggar Nguyen Tanh Bin di kotak 12 pas. Tanh Bin kedapatan menarik baju belakang Struick hingga terjatuh.

Asnawi berhasil menjalankan tugasnya untuk menggetarkan jala gawang Vietnam yang dijaga Filip Nguyen. Keunggulan 1-0 Skuad Garuda itu tercipta pada menit ke-42.

Masuk babak kedua, Vietnam sempat mencoba mengejar ketertinggalan lewat upaya Khuat Van Khang yang lolos dari penjagaan di sisi kiri kotak penalti. Beruntung, tembakan keras kaki kirinya berhasil dihalau Ernando Ari.

Keuntungan didapatkan Skuad Garuda pada menit ke-90 setelah satu pemain Vietnam, Le Pham Thanh Long, menerima kartu kuning kedua akibat menekel keras Marselino Ferdinan di sisi kanan pertahanan.

Menghadapi Vietnam yang tampil dengan 10 pemain, Timnas Indonesia berusaha memanfaatkan peluang yang ada dengan terus melakukan serangan. Sejumlah peluang sempat tercipta salah satunya lewat pergerakan Marselino Ferdinan. Sayang, sepakannya masih bisa ditepis Filip Nguyen.

Vietnam bukan tanpa peluang. Mereka sempat melancarkan serangan balik berbahaya pada menit-menit akhir demi mengejar ketertinggalan. Namun, upaya tim asuhan Philippe Troussier tak berbuah manis.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga laga kelar.

Vietnam harus pulang lebih dulu dan melupakan asa melaju ke babak 16 besar. Mereka menjadi tim yang menempati urutan terbawah di klasemen Grup D tanpa poin.

Golden Star memang menyisakan satu laga melawan Irak. Namun, usaha mereka di partai terakhir Grup D tampaknya sia-sia mengingat lawan yang dihadapi merupakan pemuncak klasemen usai mengalahkan Jepang 2-1.

Sementara itu, peluang Timnas Indonesia untuk ke 16 besar masih terbuka. Skuad Garuda masih menyisakan satu partai melawan Jepang pada 24 Januari 2024.

Anak asuh Shin Tae-yong menargetkan paling tidak bisa mengambil satu poin untuk membuka lebih lebar kans ke babak gugur Piala Asia 2023.