Amartha Hangtuah Perkenalkan Tim untuk Mengarungi IBL 2024
Amartha Hangtuah punya target semifinal pada IBL 2024 (dok. Amartha Hangtuah).

Bagikan:

JAKARTA - Amartha Hangtuah menjadi salah satu kontestan Indonesian Basketball League (IBL) musim 2024. Mereka meluncurkan tim beserta jersey terbaru di Kopikalyan, Jakarta, pada Kamis, 10 Januari 2024.

Menghadapi IBL 2024, Amartha Hangtuah melakukan sejumlah perombakan, salah satunya di sektor pelatih. Mereka memulangkan pelatih Andika Saputra atau akrab disapa Bedu.

Bedu merupakan pelatih yang pernah membawa tim asal Jakarta itu menembus empat besar IBL 2017-2018.

Kehadiran Andika Saputra tentu diharapkan bisa kembali membawa tim menembus setidaknya semifinal atau bahkan lebih.

"Kami merespons positif regulasi baru dari IBL. Kami telah melakukan persiapan sejak gagal menembus playoff IBL 2023."

"Kami mengangkat kembali coach Bedu yang sudah paham karakter tim dan diharapkan bisa membuat kami kembali ke papan atas serta melangkah ke playoff pada musim 2024," ujar Musab Mochammad, Managing Director Amartha Hangtuah.

Bergeser ke sektor pemain, Amartha Hangtuah juga melakukan perubahan. Beberapa penggawa anyar didatangkan untuk menambah kekuatan tim.

Dandung O'Neal Pamungkas, Rizky Agung Pranata, Tri Hartanto, dan Govinda Julian Saputra menjadi empat pemain lokal baru tim.

Peraturan baru soal penambahan kuota asing menjadi tiga pada IBL 2024 juga dimanfaatkan Tim Biru-Ungu. Mereka resmi merekrut Nick Faust, Zoran Talley Jr., dan Ronald Delph, semuanya dari Amerika Serikat.

Zoran Talley jadi satu-satunya pemain asing yang pernah mencicipi kompetisi basket level tertinggi Indonesia tersebut. Pada 2022, dia pernah membela Dewa United.

Selain itu, portofolio Talley terbilang apik. Dia merupakan jebolan NBA Draft 2019 meski akhirnya tak terpilih oleh 30 klub NBA.

Penampilan apik di NCAA membawa Talley masuk NBA Draft 2019. Saat membela Dominion Monarchs dan Iowa State Cyclones pada 2015-2019, dia mencatatkan 789 poin, 358 rebound, dan 150 assist.

Sebelum bergabung Amartha Hangtuah, Talley bermain di OKK Sloboda Tuzla, tim liga basket Bosnia-Division I. Dia mencetak rata-rata 14,7 point per game, 6,3 rebound per game, dan 1,7 assist per game dalam 19 laga.

Kedatangan Talley tentu sudah tak asing bagi pelatih Andika Saputra. Keduanya pernah bekerja sama semasa masih di Dewa United.

"Kami butuh pengalaman Zoran Talley untuk memperkuat tim. Etos kerja dan kemampuan dia akan menjadi senjata buat Amartah Hangtuah," ujar Andika Saputra atau Bedu.

Lalu, dua pemain asing lain, Nick Faust dan Ronald Delph, sama sekali belum mencicipi IBL.

Nick Faust terakhir kali melanglang buana di sejumlah kompetisi, seperti di Taiwan, Venezuela, hingga Meksiko. Sementara Ronald Delph terakhir kali membela Al Sadd sebelum bertolak ke Indonesia.

Sementara itu, Amartha Hangtuah sudah siap menyambut regulasi baru IBL 2024 dengan format home and away. Mereka akan memainkan laga kandang di GOR Universitas Negeri Jakarta.

Amartha Hangtuah punya ambisi menembus semifinal memperbaiki catatan musim lalu. Pada IBL 2023, mereka cuma mengakhiri babak reguler di peringkat ke-11 dan tak lolos playoff.

Daftar Roster Amartha Hangtuah di IBL 2024

  1. Muhammed Aofar Hedyan
  2. Diftha Pratama
  3. Kelly Purwanto
  4. Dandung O'Neal Pamungkas
  5. Daniel Wenas
  6. Stevan Neno
  7. Yogi Chan
  8. Gunawan
  9. Fisyaiful Amir
  10. Amaluddin
  11. Govinda Saputra
  12. Yosua Otto Judaprajitna
  13. Nick Faust
  14. Zoran Talley
  15. Ronald Delph
  16. Tri Hartanto
  17. Rizky Agung Pranata