Bagikan:

JAKARTA - Newcastle menelan kekalahan 2-4 saat bertamu ke markas Liverpool, Stadion Anfield, pada pekan ke-20 Liga Inggris 2023/2024, Selasa, 2 Januari 2024.

Manajer Newcastle, Eddie Howe, bukannya tak terima terhadap kekalahan itu, melainkan memprotes soal penalti kedua Si Merah.

Penalti kedua untuk Liverpool yang berujung gol keempat pada menit ke-86 dianggap kontroversial.

Wasit menunjuk titik putih setelah Diogo Jota dilanggar kiper Martin Dubravka. Kondisi itu terjadi saat Jota tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper.

Dia berusaha menggocek Dubravka, tapi terjatuh akibat tersangkut tangan sang kiper.

Hanya saja, keputusan itu dianggap pihak Newcastle tak adil. Soalnya, Jota terkesan diving dan sama sekali tangan Dubravka tak mengenainya.

Tak heran, Howe kecewa dengan keputusan tersebut. Dia menegaskan bahwa penalti itu seharusnya tidak ada.

"Seharusnya tidak diberikan (penalti). Martin (Dubravka) sudah menarik tangannya. Dia (Jota) sudah dua langkah sebelum terjatuh. Bagi saya, itu bukan penalti."

"Anda harus memiliki pola pikir bahwa Anda yang menciptakan keberuntungan Anda. Mengasihani diri sendiri tidak pernah memberikan hasil yang positif," ujar Howe di Sky Sports.

Bukan penalti itu saja yang diprotes Howe. Penalti pertama Liverpool pada menit ke-20 juga tak luput dari protes sang manajer.

Wasti memberikan penalti kepada tuan rumah setelah Sean Longstaff melanggar Luis Diaz.

Lagi-lagi tekel pemain Newcastle itu, menurut Howe, masih bisa diperdebatkan meski akhirnya dia menerima.

"Bahkan (penalti) yang pertama kontaknya sangat minim. Kami merasa berat untuk melakukannya. Namun, menurut saya penalti Sean Longstaff sebelumnya adalah penalti."

"Sementara saya tidak mengira penalti kedua adalah penalti," tutur Howe.

Terlepas dari itu, Eddie Howe mengapresiasi penampilan anak asuhnya di Anfield walau lini pertahanan jadi sorotan.

Kalau tidak dicederai penalti kontroversial, sejatinya laga tersebut berlangsung menarik.

"Para pemain memberikan segalanya. Saya mendukung kualitas tim ini. Pada waktunya kami akan mendapatkan hasil yang kami perlukan."

"Banyak yang terjadi. Pertandingan penuh aksi. Kami kecewa dengan cara kami bertahan."

Kekalahan atas Liverpool itu membuat Newcastle United tertahan di peringkat kesembilan klasemen Liga Inggris 2023/2024 dengan koleksi 29 poin.