Liverpool Sukses Atasi Perlawanan Newcastle, Klopp: Seperti Mengalahkan Bournemouth
Jurgen Klopp dan Trent Alexander-Arnold (Foto: Liverpool.com)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool menang 3-1 atas Newcastle di pekan ke-17 Liga Inggris 2021/2022. Jurgen Klopp menyebut, laga tersebut seperti saat mengalahkan Bournemouth.

Klopp mengatakan, timnya sudah memahami betul gaya bermain Newcastle hingga mampu meraih kemenangan di laga ini. Hal tersebut tak lepas dari analisa Klopp terhadap taktik yang digunakan pelatih Newcastle, Eddie Howe yang sebelumnya menangani Bournemouth.

"Rasanya seperti kami mengalahan Bournemouth dengan pelatih yang sama, karena sebelumnya saya memang lebih banyak menganalisa Bournemouth saat persiapan laga ini daripada (menganalisa) Newcastle," kata Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool pada Jumat, 17 Desember.

Dalam kemenangan di Stadion Anfield tadi malam, tuan rumah memang lebih dulu tertinggal lewat gol cepat Jonjoy Shelvy di menit keenam. Beruntung, tak butuh waktu lama bagi Liverpool untuk bangkit di babak pertama lewat gol Diogo Jota dan Mohamed Salah.

Serangan balik Liverpool itu kemudian berlipat ganda saat memasuki pengujung babak kedua. Sebab, Trent Alexander-Arnold membuat gol ketiga pada menit ke-87 yang sekaligus mengukuhkan kemenangan Liverpool.

Situasi tertinggal dan kemudian bisa bangkit itu sempat juga dialami Liverpool saat terakhir kali bertemu Bournemouth di bawah asuhan Eddie Howe. Dari momen itulah Klopp kemudian mulai membaca pergerakan Newcastle yang sama persis.

"Kami menang 2-1 terakhir kali Eddie Howe ada di sini bersama Bournemouth setelah mereka mencetak gol lagi. Kami melihat hal serupa di laga ini. Mereka membuat hidup kami sulit, tapi kemudian kami bangkit," lanjut Klopp.

Soal Liverpool yang sempat tertinggal di menit awal, Klopp mengaku momen tersebut sempat membuat timnya kacau. Tapi berkat keteguhan dan usaha keras, hasil manis akhirnya bisa diraih oleh The Reds.

"Tertinggal 1-0 sedikit mengubah suasana hati. Kami terburu-buru dalam beberapa saat. Namun, kami bisa mencetak gol yang sangat bagus," ujar sang pelatih.

"Saya sangat senang pada periode tahun ini ketika Anda hanya harus memikirkan pertandingan," tandas Klopp.

Tiga poin dari laga kontra Newcastle ini membuat Liverpool mampu menempel ketat Manchester City di puncak klasemen. Liverpool saat ini mengumpulkan 40 poin di urutan kedua yang hanya tertinggal satu poin dari The Citizens dengan total 41 poin di posisi teratas.