Bagikan:

JAKARTA - Penantian panjang striker Manchester United, Rasmus Hojlund, berakhir sudah. Dirinya mencetak gol pertama sekaligus menjadi penentu kemenangan 3-2 MU atas Aston Villa. Hojlund pun mengaku menjadi orang paling bahagia.

Laga dramatis MU saat menjamu Villa terjadi pada Liga Inggris 2023/2024 di Stadion Old Trafford, Rabu, 27 Desember 2023, dini hari WIB.

Tertinggal 2-0 melalui John McGinn dan Leander Dendoncker, MU berhasil menyamakan skor saat Alejandro Garnacho mencetak brace.

Selanjutnya, Hojlund yang belum pernah membobol gawang lawan di kompetisi domestik akhirnya berhasil menaklukkan kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez.

Gol pertama Hojlund sejak direkrut dari Atalanta ini tercipta setelah dia menunggu selama 438 menit bermain di 15 pertandingan liga.

Gol itu langsung mendapat sambutan yang gegap-gempita dari suporter. Tak hanya itu, saat digantikan, Hojlund mendapat standing ovation dari suporter.  

Gol ini setidaknya menjadi jawaban Hojlund yang mendapat kritikan karena masih mandul di Liga Inggris.

Meski begitu, penyerang berusia 20 ini sesungguhnya sudah membobol gawang lawan di Liga Champions 2023/2024.

Hal itu sekaligus menepis tudingan terhadap Manajer Erik ten Hag yang dinilai kembali melakukan kesalahan dalam pembelian pemain. Sebelumnya, pemain anyar era Ten Hag, seperti Antony, gagal menunjukkan performa terbaik.

Padahal, harga Antony nyaris setara dengan yang dikeluarkan Bayern Munchen saat memboyong Harry Kane dari Tottenham Hotspur. Ironisnya, Kane meraih sukses besar dalam debut di Bundesliga bersama Bayern.

Begitu pula Casemiro dan Raphael Varane yang lumayan sukses pada musim pertamanya. Namun, pada musim kedua, mereka gagal menjaga performa. Buntutnya, klub mempertimbangkan menjual kembali Casemiro dan Varane.

Hanya saja, kesabaran Hojlund dan MU akhirnya membuahkan hasil. Penyerang Timnas Denmark ini pun meluapkan emosi saat bersukacita merayakan gol perdananya.

Tak berhenti di situ, Hojlund pun langsung menjadi headline di berbagai media Inggris setelah membawa MU meraih kemenangan di laga Boxing Day.

"Namun, itu hanya sementara saja," katanya bercanda. "Yang jelas saya menjadi orang paling bahagia saat ini. Anda bisa menyaksikan selebrasi saya," ujar striker berusia 20 tahun itu.

"Saya sesungguhnya sudah mencetak beberapa gol di Liga Champions. Namun, saya harus menunggu untuk melakukannya di Liga Inggris. Saya berharap terus melakukannya," ucap dia.

Sementara, Garnacho menyebut kontribusi gol yang membawa tim menang setidaknya membungkam pengkritik Hojlund.

Tidak hanya Hojlund, tetapi juga para pemain depan MU kerap mendapat kritikan karena sedikitnya produktivitas gol The Red Devils.

Sampai pekan ke-19, MU baru mengemas 21 gol. Torehan gol MU hanya mengungguli tim-tim yang berada di zona degradasi.

"Kami adalah Manchester United. Saat kami tertinggal 2-0, kami tak pernah menyerah. Saat di ruang ganti (jeda babak pertama), saya katakan kami hanya butuh satu gol untuk membalikkan keadaan," kata Garnacho.

Prediksi Garnacho tak salah. Meski gol pertama dia dianulir, MU cepat bangkit dan Garnacho kemudian mencetak gol.

Benar saja, setelah gol itu, MU tampil penuh semangat. Hasilnya, Garnacho kembali mencetak gol dan Hojlund melengkapi kemenangan tim.

"Saya senang dengan Rasmus (Hojlund). Banyak yang berbicara kalau striker MU tak pernah bisa mencetak gol."

"Kini, Anda bisa menyaksikan bagaimana (Marcus) Rashford membuat assist dan kami mencetak gol. Ini menjadi hari terbaik dalam hidup saya," ucapnya.

Kemenangan atas Villa menjadikan MU kembali naik ke peringkat keenam dengan poin 31. Mereka masih terpaut tiga poin dengan rival satu kota, Manchester City, yang berada di posisi kelima. Namun, Man City masih menyimpan dua pertandingan.

Posisi MU justru mendapat ancaman dari West Ham United yang akan meladeni Arsenal dalam London Derby, Jumat, 29 Desember 2023, dini hari WIB.

MU sendiri juga butuh konsistensi. Pada laga berikutnya, Bruno Fernandes dan kolega diharapkan bisa menjaga performa untuk meraih tiga poin melawan tuan rumah Nottingham Forest.