Anthony Joshua Beri Sinyal Pensiun Jika Kalah Lawan Otto Wallin
Petinju kelas berat Anthony Joshua/Dok. Instagram @anthonyjoshua

Bagikan:

JAKARTA – Mantan juara dunia kelas berat Anthony Joshua memberi sinyal dirinya bisa saja pensiun dari tinju jika dia sampai gagal mengalahkan Otto Wallin.

Juara dunia dua kali Joshua, yang kehilangan sabuk WBA, IBF, WBO, dan IBO setelah kalah melawan jagoan Ukraina Oleksandr Usyk, akan bentrok dengan Wallin, Minggu, 24 Desember pagi.

Joshua mengatakan bahwa jika sampai dirinya tidak memenangi duel di atas maka masa depannya di olahraga ini akan lenyap.

"Saya tahu tujuan saya dalam hidup saya. Namun, saya juga harus mengatakan [duel] ini adalah [seperti] pos pemeriksaan dan jika saya tidak melewatinya, tidak ada masa depan. Jadi, saya sepenuhnya fokus pada Otto Wallin dan melakukan pekerjaan itu," kata Joshua, dikutip Reuters.

Jika menang melawan Otto Wallin maka kemungkinan besar Joshua akan bersua dengan mantan juara asal Amerika Serikat, Deontay Wilder, pada awal tahun depan.

Wilder sendiri bakalan naik ring di kartu yang sama dengan Joshua besok di Riyadh. Bekas pemegang sabuk WBC itu akan bersua dengan mantan juara lainnya, Joseph Parker.

Joshua mengatakan bahwa dirinya saat ini benar-benar hanya fokus untuk mengalahkan Wallin. Dia menyebut tidak berpikir lebih jauh dari itu, terutama pembicaraan ihwal melawan Wilder.

"Hati saya, jiwa saya, setiap sel di tubuh saya sepenuhnya terfokus pada Otto Wallin dan melakukan apa yang saya tahu bisa saya lakukan," kata petinju berusia 34 tahun itu.

Setelah dua kekalahan beruntun melawan Usyk masing-masing pada 2021 dan 2022, Joshua bangkit dengan dua kemenangan atas Jermaine Franklin dan Robert Helenius di tahun ini.