Petenis Iga Swiatek Jadi Atlet Wanita dengan Bayaran Tertinggi 2023
Petenis Polandia, Iga Swiatek, menduduki posisi teratas atlet wanita dengan bayaran tertinggi 2023 versi Forbes (Instagram/@igaswiatek).

Bagikan:

JAKARTA – Petenis peringkat satu dunia, Iga Swiatek, menduduki puncak daftar tahunan atlet wanita dengan bayaran tertinggi tahun 2023 versi Forbes.

Bintang asal Polandia berusia 22 tahun itu bergabung dengan Serena Williams, Maria Sharapova, dan Naomi Osaka sebagai petenis putri yang pernah menduduki puncak daftar tahunan majalah tersebut.

Pada laman resmi WTA, Swiatek tercatat menerima 23,9 juta dollar atau Rp370 miliar. Sementara juara US Open 2023, Coco Gauff, mengisi urutan ketiga (21,7 juta dollar).

Mengikuti kedua nama tersebut ada petenis Inggris, Emma Raducanu, yang menerima 15,2 juta dollar, petenis Jepang Naomi Osaka (15 juta dollar), juara Australia Open Aryna Sabalenka (14,7 juta dollar), Jessica Pegula (12,5 juta dollar), Venus Williams (12,2 juta dollar), Elena Rybakina (9,5 juta dollar), dan Leylah Fernandez (8,8 juta dollar).

Kemudian pemain paling berkembang WTA 2023 Zheng Qinwen (7,9 juta dollar), Ons Jabeur dari Tunisia (5,7 juta dollar), dan juara Wimbledon Marketa Vondrousova (5,2 juta dollar), juga masuk dalam 20 besar daftar itu.

Daftar tahunan Forbes ini dihitung berdasarkan pendapatan di dalam lapangan dan estimasi pendapatan di luar lapangan.

Penghasilan di luar lapangan di antaranya didapat melalui percakapan dengan orang dalam industri dan dukungan sponsor, lisensi, penampilan, dan memorabilia, serta pendapatan dari bisnis apa pun yang diminati oleh atlet.

Pada awal bulan ini perusahaan media olahraga Amerika, Sportico, merilis daftar atlet wanita dengan bayaran tertinggi.

Perusahaan tersebut menggunakan ukuran yang berbeda dari pendapatan di luar lapangan. Hitung-hitungan itu membuat Gauff menduduki posisi teratas dalam daftar Sportico.