Final Idaman di BNP Paribas Open 2023 Gagal Terwujud, Petenis Cantik Ini Pelakunya
Petenis putri, Elena Rybakina. (Foto: Twitter/@BNPPARIBASOPEN)

Bagikan:

JAKARTA - Partai final BNP Paribas Open 2023 di Indian Wells, gagal terwujud. Petenis nomor satu dunia, Iga Swiatek, terhenti langkahnya di semifinal.

Adalah Elena Rybakina yang menjegal sang juara bertahan tersebut. Dia meraih kemenangan telak 6-2, 6-2 pada semifinal, pada Jumat, 17 Maret, waktu setempat atau Sabtu, 18 Maret, WIB.

Rybakina yang merupakan juara bertahan Wimbledon, kini memiliki kesempatan untuk membalas Aryna Sabalenka, yang mengalahkannya di Melbourne. Sabalenka sendiri melaju ke final dengan kemenangan 6-2, 6-3 atas unggulan ketujuh petenis Yunani Maria Sakkari.

Rybakina sudah memperlihatkan dominasinya atas Swiatek sejak gim pembuka. Dia melakukan servis dengan presisi tinggi.

Sementara Swiatek tidak memiliki jawaban atas serangan Rybakina, dan menyerah pada set pertama. Hal itu kembali terulang pada set kedua saat Rybakina melaju untuk memimpin 5-0. Sempat memperkecil skor jadi 5-1, dia kembali tunduk.

"Saya tidak menyangka bahwa saya akan bermain sebagus itu hari ini," kata Rybakina, seperti dinukil dari AFP via Antara, Sabtu. "Mudah-mudahan saya akan bermain seperti ini pada hari Minggu."

Kemenangan Rybakina ini menggagalkan upaya Swiatek untuk menjadi petenis putri pertama setelah Martina Navratilova pada 1990-91 yang memenangi gelar berturut-turut dalam turnamen yang digelar di gurun California itu.

Swiatek yang masih berharap untuk mempertahankan gelarnya di Miami Open yang dimulai pekan depan, kecewa tidak bisa mengeksekusi ide pelatihnya untuk menghentikan Rybakina.

"Kami memikirkan Australian Open, kami ingin belajar dari pertandingan itu," ujar Swiatek. "Saya ingin menggunakan tips-nya dan meningkatkan permainan saya. Tapi saya tidak bisa melakukannya hari ini."