Wasit Jepang Pimpin Persija Kontra PSS, Thomas Doll Sebut Kinerjanya Bisa Jadi Contoh Liga 1
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll 9kedua dari kanan) konferensi pers usai timnya melakoni laga kontra PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, tadi malam. (Ulfa-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengapresiasi kinerja wasit Jepang yang memimpin laga timnya melawan PSS Sleman. Menurut Thomas Doll, kinerja Futoshi Nakamura sangat baik dan bisa menjadi contoh bagi wasit di Tanah Air.

Persija Jakarta menjamu PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Sabtu, 16 Desember malam WIB. Pada laga itu Persija Jakarta menutup laga dengan kemenangan 1-0 lewat eksekusi penalti Ondrej Kudela di waktu tambahan.

Selepas laga, Thomas Doll mengapresiasi kepemimpinan sang wasitlantaran kinerjanya memimpin laga tegas dan adil.

"Saya berbicara dengan wasit setelah pertandingan. Bukan karena dia memberikan penalti, tapi saya pikir performanya sangat bagus," ujar Thomas Doll saat konferensi pers usai pertandingan.

Bagi Nakamura, ini bukan kali pertama dirinya memimpin laga Liga 1 2023/2024, sebelumnya ia juga mengawal laga antara Persib Bandung vs Persik Kediri pekan lalu. Thomas Doll yang juga menyaksikan laga tersebut dan menilai sang wasit begitu profesional.

Dari pengalamannya menyaksikan kepemimpinan Nakamura, Thomas Doll kemudian meminta wasit Indonesia mempelajari bagaimana wasit Jepang itu memimpin jalannya pertandingan.

“Dia (wasit Jepang) selalu bisa mengendalikan permainan. Anda tahu juga ketika pemain mencoba melakukan pelanggaran yang sebenarnya bukan pelanggaran, dia dapat melihat situasi seperti dari kedua belah pihak,” ucap pelatih asal Jerman tersebut.

“Tentu saja ini, semua orang bisa belajar dari mereka. Tanpa bermaksud mendiskreditkan wasit lokal, tapi memang itulah alasannya kenapa wasit internasional dari Jepang hadir di Indonesia, dan juga bagaimana komunikasi dan gestur tubuhnya di lapangan membuat para pemain menaruh hormat. Ini merupakan hal yang baik,” sambung Doll.