Sempat Cedera, Ketua BTN Pastikan Kondisi Ernando Ari Aman Bela Timnas di Piala Asia 2023
Penjaga gawang timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi saat laga Final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu 11 Agustus 2018. (ANTARA FOTO-M Risyal Hidayat)

Bagikan:

JAKARTA - Penjaga gawang timnas Indonesia, Ernando ari sempat diragukan lantaran cedera ketika membela timnya, Persebaya Surabaya. Namun kini Ernando dipastikan aman untuk masuk skuad timnas di Piala Asia 2023.

Kepastian soal kondisi Ernando Ari itu diungkap oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji. Dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 17 Desember , Sumardji menyebut penjaga gawang 21tahun itu sudah dalam keadaan yang lebih baik.

“Kondisi Ernando Ari aman. Bisa ikut gabung nantinya (persiapan timnas untuk Piala Asia 2023),” kata Sumardji.

Kabar ini cukup melegakan karena dengan kondisinya yang membaik, peluang Ernando terlibat di timnas juga cukup besar. Apalagi sebelum tampil di Piala Asia 2023 di Januari nanti, Skuad Garuda bakal lebih dulu menjalani pemusatan latihan (TC) mulai 20 Desember di Turki.

Pernyataan soal kondisi Ernando juga sejalan dengan keterangan yang diungkap dokter Persebaya, Al Hayyan yang menyebut kondisi Ernando tidak mengkhawatirkan. Hanya saja Hayyan belum bisa memastikan berapa lama Ernando perlu pemulihan.

“Saat ini Ernando masih memiliki keluhan pada engkelnya. Masih kami pastikan lagi masalahnya apa. Masih menunggu hasil pemeriksaan penunjang,” katanya.

Ernando diketahui mengalami cedera dalam pertandingan Liga 1 2023/2024, antara Persebaya Surabaya kontra Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Rabu, 13 Desember.

Ketika itu Ernando sempat berbenturan dengan pemain Persis saat berusaha menyelamatkan gawangnya. Karena benturan tersebut Ernando ditarik keluar dan digantikan Andhika Ramadhani pada menit ke-73, pasca laga Ernando di diagnosis cedera engkel.