Bagikan:

JAKARTA - Juventus membuang peluang merebut posisi puncak klasemen Serie A Italia setelah bermain imbang 1-1 melawan Genoa di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu, 16 Desember dini hari WIB.

Juve gagal memperpanjang rekor kemenangan saat menghadapi Genoa. Unggul lebih dulu, Juve malah kehilangan dua poin karena hanya mampu bermain imbang.

Hasil itu menggagalkan upaya Juve melakukan kudeta. Sementara Genoa membantu Inter Milan mempertahankan takhta klasemen. Pasalnya, Bianconeri hanya mengantungi poin 37. Ini menjadikan mereka masih terpaut satu poin dari Inter.

Inter berpeluang menjauh dari Juve bila menang atas Lazio. Hanya ini menjadi laga tak mudah karena Lazio bermain di kandang sendiri di Stadion Olimpico, Senin, 18 Desember dini hari WIB.

Sedangkan Genoa sendiri masih berada di papan bawah klasemen. Mereka menduduki peringkat 16 dengan memiiki 16 poin.

Genoa hanya unggul empat poin dari Emppoli yang menduduki posisi tertinggi dari tiga tim yang berada di zona degradasi. Ini yang menjadikan Genoa harus berjuang keras untuk bertahan di liga kasta tertinggi. 

Di pertandingan itu, Juve benar-benar mengalami kesulitan menghadapi Genoa. Pertandingan itu sendiri berjalan lambat karena tidak ada serangan berarti dari kedua tim.

Namun secara perlahan, Juve mulai menekan pertahanan Genoa. Tuan rumah juga berusaha mengimbangi meski akhirnya Juve unggul lebih dulu lewat gol dari titik penalti di menit 28.

Penalti diberikan setelah Federico Chiesa dijatuhkan kiper Josep Martinez. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Eksekusi penalti dituntaskan dengan baik oleh Chiesa.

Unggul 1-0 menjadikan Juve lebih agresif memberikan tekanan. Hanya saja tidak ada gol yang terjadi sehingga skor itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuk babak kedua, Genoa bermain dengan kecepatan tinggi. Hasilnya, hanya berselang tiga menit, tuan rumah sudah berhasil menyamakan skor.

Gol Genoa dihasilkan Albert Gudmundsson lewat serangan yang terbangun rapi. Upaya mereka pun berujung gol yang mengubah skor menjadi 1-1.

Juve berusaha menambah gol lewat serangan intensif. Namun usaha mereka selalu gagal. Bek Bremer sesungguhnya mendapat peluang bagus saat menerima sepak pojok di menit-menit terakhir.

Sayangnya, tendangan dari jarak dekat Breme diselamatkan secara gemilang oleh Martinez. Skor imbang tak berubah sampai akhir laga.

Meski kecewa dengan hasil akhir Juve, namun pelatih Massimiliano Allegri mengaku tak mudah mengalahkan Genoa di kandang sendiri.

"Mereka punya catatan bagus karena 67% gol Genoa selalu tercipta di 45 menit pertama. Mereka juga menunjukkan tim yang banyak berlari dan menekan tim lawan," kata Allegri menanggapi pertandingan itu.

"Genoa selalu menyulitkan siapa pun. Anda harus melakukan pendekatan yang tepat untuk menghadapi mereka," ucapnya.