Bagikan:

JAKARTA - Pelatih bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Harry Hartono, memuji konsistensi permainan yang ditunjukkan oleh Alvi Wijaya Chairullah dan Yohanes Saut Marcellyno pada Guwahati Masters 2023. Keduanya berhasil mencapai All Indonesian Final Minggu, 10 Desember setelah melewati pertandingan-pertandingan yang ketat.

Harry menyatakan bahwa penampilan Alvi dan Saut sangat konsisten, tenang, dan berani, meskipun dihadapkan pada lawan-lawan yang tangguh. Keduanya berhasil melalui laga yang ketat dan akhirnya bertemu dalam laga final All Indonesia pada Minggu.

"Percaya diri dan fokus serta komunikasi dengan atlet menurut saya kuncinya. Setiap hari selalu menyempatkan untuk komunikasi dengan atlet untuk diskusi persiapan main besok. Sehingga pikiran dari atlet selalu terarah," ungkap Harry mengenai faktor kunci keberhasilan atletnya.

Harry menilai bahwa Alvi dan Saut memiliki kematangan permainan yang terus berkembang, terutama dari segi mental. Komunikasi yang baik antara pelatih dan atlet turut berperan dalam penentuan strategi di lapangan.

Selain memuji penampilan atlet, Harry juga berterima kasih kepada tim pendukung, termasuk fisioterapis, masseur, dan pelatih fisik, yang selalu membantu menjaga kebugaran atlet selama berada di Guwahati.

Meskipun Alvi dan Saut telah menunjukkan performa yang sangat baik dan konsisten, Harry menyadari bahwa mereka masih menghadapi kesulitan dalam menjaga fokus dan ketenangan saat poin-poin akhir. Namun, Harry berharap agar keduanya dapat tampil maksimal dalam laga final dan memaksimalkan kemampuan mereka.

Pada babak final, Harry memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Alvi dan Saut untuk memilih strategi terbaik. Pelatih hanya menyoroti performa keduanya pada babak-babak sebelumnya dan berharap agar mereka dapat bermain dengan semangat dan maksimal di laga final.