Kalahkan Napoli, Juventus ke Puncak Klasemen Geser Inter Milan
Federico Gati merayakan gol ke gwang Napoli yang membawa Juventus ke puncak klasemen. (Twitter @juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA - Juventus akhirnya merebut posisi puncak dengan menggeser Inter Milan setelah mengalahkan Napoli 1-0 di pertandingan Serie A Italia di Stadiion Allianz, Sabtu, 9 Desember dini hari WIB. Satu-satunya gol Juve dihasilkan Federico Gatti.

Kompetisi Italia kian memanas setelah Juve terus merangsek ke papan atas mendekati Inter. Bahkan Juve akhirnya merebut posisi teratas setelah menaklukkan juara bertahan dalam big match di kandang sendiri.

Hanya posisi Juve masih belum sepenuhnya aman. Inter sewaktu-waktu bisa merebut kembali takhta klasemen karena jarak poin kedua tim yang berdekatan.

Juve sendiri mengantungi poin 36. Sedangkan Inter yang akan menjamu Udinese tetinggal satu poin. Bila menang atau imbang melawan rivalnya, Nerazzurri sudah bisa merebut kembali posisinya.

Sementara, Napoli yang sesumbar ingin memenangi Scudetto lagi malah terpuruk. Sebelumnya, presiden klub Aurelio De Laurentiis yakin Napoli bakal juara lagi karena saat ini berada di papan atas.

Namun sesumbar De Laurentiis sangat jauh dengan kenyataan. Kekalahan dari Juve menjadikan Napoli sudah tertinggal 12 poin dengan pimpinan klasemen.

Bukannya mengejar poin tim-tim di atas, Napoli malah terancam turun peringkat. Ya, Fiorentina (6) dan Bologna (7) berpeluang menggeser Partenopei.

Hanya saja, Fiorentina yang berambisi menggeser Napoli mendapat lawan tangguh, AS Roma. Sedangkan Bologna dijamu Salernitana.

Di laga itu, Juve harus bekerja keras menghadapi Napoli yang juga merupakan tim kuat. Tim tamu yang memainkan sepak bola ofensif pun beberapa kali mengancam pertahanan Juve.

Peluang bagus diperoleh striker Victor Osimhen saat menyambut umpan silang Khvicha Kvaratskhelia. Namun saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Wojciech Szczesny, sepakan Osimhen malah melambung.

Sebelumnya, Szczesny harus bekerja keras menghadapi serangan dari Giovanni Di Lorenzo dan Matteo Politano. Kiper timnas Polandia ini menunjukkan kematangan dengan menyelamatkan gawangnya.

Juve bukannya tanpa peluang. Sepakan striker Dusan Vlahovic yang mendapat umpan dari Federico Chiesa masih bisa diblok bek Nathan.

Begitu pula, aksi bicycle kick dari Weston McKennie masih gagal. Sampai akhir babak pertama, skor tak berubah.

Memasuk babak kedua, Juve mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya pertandingan baru berjalan enam menit, Bianconeri berhasil unggul setelah Gatti membobol gawang Napoli.

Gol berawal dari umpan silang Andrea Cambiaso yang disambut dengan sundulan Gatti tanpa bisa dijangkau kiper Alex Meret.

Ini untuk kedua kalinya secara berturut-turut Gatti mencetak gol yang membawa Juve meraih kemenangan. Di laga sebelumnya melawan Monza, Gatti juga membobol gawang lawan saat injury time.

Gol Gatti ke gawang Napoli menjadi satu-satunya yang tercipta. Skor 1-0 untuk La Vecchia Signora pun bertahan sampai akhir laga.