Manchester City Didakwa FA Lakukan Pelanggaran atas Tindakan Tidak Pantas
Manchester City di ambang hukuman FA karena tindakan tidak pantas (Instagram.com/@mancity).

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menjatuhkan dakwaan kepada Manchester City yang melakukan pelanggaran di laga kontra Tottenham Hotspur.

Pada laga yang digelar pekan lalu di Stadion Etihad, City dinilai alpa dalam mencegah pemainnya melakukan tindakan tidak pantas.

Dakwaan yang dijatuhkan FA merujuk kepada aksi protes yang dilakukan para penggawa The Citizens pada masa injury time babak kedua.

Saat itu, para penggawa City memprotes keputusan wasit Simon Hooper yang menghentikan pertandingan lantaran menilai adanya pelanggaran.

“Para pemain mereka (Manchester City) mengepung ofisial pertandingan di laga kontra Tottenham Hotspur, Minggu, 3 Desember 2023."

"Dakwaan itu merujuk ke insiden pada menit ke-94. Klub gagal memastikan pemainnya untuk tidak bertindak dengan cara yang tidak pantas," tulis pernyataan resmi FA dikutip Selasa, 5 Desember 2023.

Sebelumnya diketahui bahwa saat itu situasi Man City terbilang menguntungkan. Erling Haaland yang sempat dijatuhkan Yves Bissouma mampu bangkit dan mengirimkan umpan ke Jack Grealish.

Winger asal Inggris itu pun bersiap merangsek ke wilayah pertahanan Spurs yang sudah tanpa pengawalan.

Namun, peluang City untuk mencetak gol tambahan itu buyar usai Hooper meniup peluit dan menghentikan permainan.

Hooper menilai Bissouma melakukan pelanggaran terhadap Haaland dan memberikan hadiah tendangan bebas di tengah lapangan buat The Citizens.

Keputusan wasit itu sontak membuat para pemain Man City langsung bereaksi, apalagi Hooper menghentikan sejenak permainan.

Haaland bahkan kedapatan sempat berteriak ke arah Hooper dalam jarak yang cukup dekat. Belum lagi sejumlah penggawa Man City mengepung Hooper guna memprotes keputusan tersebut.

Terkait dakwaan yang dijatuhkan FA, City memiliki waktu setidaknya hingga Kamis, 7 Desember 2023 waktu setempat untuk merespons dakwaan tersebut.

Tidak hanya potensi sanksi terhadap Man City, Haaland juga sebenarnya memiliki kemungkinan untuk mendapatkan hukuman setelah kedapatan mengunggah pesan di akun media sosialnya.