Bagikan:

Kemenpora Berangkatkan Tim RI ke IWAS World Games 2023 untuk Persiapan Paralimpiade Paris 2024

JAKARTA - Tim Indonesia bakal berangkat untuk mengikuti kejuaraan International Wheelchair and Amputee Sport (IWAS) World Games 2023 di Nakhon Ratchasima, Thailand.

Acara pelepasan dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang diwakili Staf Khusus Menpora Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga, Ardima Rama Putra.

Untuk ajang tersebut, Kontingen Indonesia mengirimkan 36 atlet beserta 73 untuk mengikuti 8 cabor dari 11 cabor yang dipertandingkan pada 1-9 Desember. Kedelapan cabor itu adalah atletik, renang, menembak, angkat beban, tenis meja, panahan, bulu tangkis dan bersepeda jalan raya.

Mengiringi keberangkatan para atlet di IWAS World Games 2023 di Nakhon Ratchasima, Thailand, Ardima Rama Putra menyampaikan bahwa Kemenpora selalu mendukung atlet para games meraih prestasi dunia.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenpora pasti selalu mendukung untuk atlet para games kita, apalagi sudah sangat sering memberikan kebanggaan untuk Indonesia di beberapa ajang bergengsi level internasional sebelumnya,” kata Ardima dalam keterangan yang dikutip Jumat, 1 Desember.

Dalam acara pelepasan yang digelar di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Jumat, 1 Desember Kemenpora juga berharap semua cabor bisa mencapai target yang telah dipasang. Total dari delapan cabor yang diikuti, Indonesia mesti mendapat 3 medali emas dan 8 medali perunggu.

“Kita harap dari delapan cabor para games yang diikuti semoga mencapai target dan membawa pulang prestasi untuk bangsa. Semoga prestasi ini berkesinambungan dan lanjut terus hingga nanti di Paralimpiade 2024,” ujar Ardima yang juga selaku CdM Kontingen Indonesia di ajang ini.

Ardima juga menyampaikan bahwa ini merupakan keikutsertaan perdana kontingen Indonesia di ajang IWAS World Games 2023. Meski begitu ia berharap kesempatan ini bisa jadi momentum yang baik menuju Paralimpiade 2024 Paris.

“Semoga even ini menjadi ajang mengasah dan memantapkan lagi menuju ke paralimpiade, sambil kita membuktikan bahwa Indonesia di paralimpiade adalah negara yang patut diperhitungkan sebagai wakil dari Asia,” tegasnya.