Bekal Menuju Paralimpiade 2024 Paris
Menpora Dito Ariotedjo melepas kontingen ASEAN Para Games 2023. (Foto: Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Indonesia sudah siap tempur menghadapi ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Event ini merupakan ajang pemanasan untuk gelaran yang lebih besar.

ASEAN Para Games 2023 bisa menjadi bekal bagi para atlet Indonesia untuk menatap Asian Para Games 2023 dan Paralimpiade 2024 Paris.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap, para atlet paralimpik Indonesia yang berjuang di ajang multicabang mendatang bisa menuai prestasi terbaik di Kamboja.

"Paradigma prestasi olahraga nasional memiliki target prestasi pada Paralimpic atau Paralimpiade. Artinya multievent ASEAN Para Games dan Asian Para Games kita jadikan sebagai target antara menuju Paralimpiade (Paris) mendatang," kata Menpora.

Menurut Menpora, hasil dari prestasi di ASEAN dan Asian Para Games akan menjadi faktor penentu untuk bisa melangkah ke ajang tertinggi Paralimpiade.

"Maka berjuanglah, bertandinglah semaksimal mungkin menjunjung tinggi sportivitas. Karena hasil ASEAN dan Asian Para Games dapat menjadi tolok ukur untuk perjuangan menuju paralimpiade mendatang," ujar Dito, seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora via Antara, Selasa, 30 Mei.

Lebih lanjut, Menpora menilai sepanjang sejarah Indonesia, kontingen Merah Putih selalu memperoleh hasil membanggakan, sehingga target untuk menjadi juara umum ASEAN Para Games selalu ada di depan mata.

"Pengalaman SEA Games Kamboja memang tuan rumah banyak ketidakadilan, tapi saya sudah sampaikan agar hal itu tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap berjuang dan semoga semangatnya jadi lebih tinggi," jelas Dito.

"Persiapan pelaksanaan APG ini, Kamboja banyak meminjam aset dan peralatan dari Indonesia karena memang Indonesia dinilai menjadi negara yang paling siap dalam pengembangan atlet difabel," lanjutnya.

ASEAN Para Games 2023 Kamboja akan digelar pada 3 hingga 9 Juni. Pada edisi ke-12 ini, Skuad Garuda mengirim sebanyak 286 atlet dengan mengikuti 12 cabang olahraga.

Sedangkan total jumlah anggota kontingen Indonesia yang dikirim ke Kamboja sebanyak 500 orang.

Untuk target perolehan medali mencakup emas sebanyak 121 medali, perak sebanyak 92 medali, dan perunggu sebanyak 84 medali.